Hari Ini, Rupiah Menguat di Level Rp14.733 per Dolar AS

  Jumat, 29 Mei 2020   Budi Cahyono
Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS menguat jelang akhir pekan. (dok Suara.com)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memprediksi pergerakan nilai tukar rupiah pada akhir pekan ini akan berfluktuatif.

Pada Jumat (29/5/2020), nilai tukar rupiah semakin menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI) atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor tepat pukul 10.00 WIB mata uang garuda menguat kembali sebesar 28 poin ke posisi Rp14.733 dibandingkan posisi perdagangan sebelumnya di posisi Rp14.761.

Sedangkan data Bloomberg pada di pasar spot exchange, kurs rupiah berada di level Rp 14.705 per dolar AS atau terapresiasi 10 poin dibandingkan perdagangan sebelumnya Rp14.715. Dengan begitu rupiah sudah menguat 0,07 persen dari penutupan kemarin.

Menurut pengamatann Ariston Tjendra, sentimen negatif peningkatan ketegangan AS dan Tiongkok mulai menguat sehingga menekan harga aset-aset berisiko.

Tapi di sisi lain, jelas dia, peningkatan ketegangan AS dan Tiongkok kelihatannya turut memicu pelemahan nilai tukar dolar AS terhadap nilai tukar lainnya karena hubungan AS dan Tiongkok yang memburuk bisa mendorong pelemahan ekonomi AS.

Kendati demikian, nilai tukar rupiah bisa turut tertekan terhadap dolar AS mengikuti sentimen negatif tersebut.

Namun mungkin pelemahan juga tidak terlalu dalam karena dolar AS sebenarnya juga mendapatkan sentimen negatif dari ketegangan hubungan AS dan Tiongkok.

"Potensi pergerakan rupiah hari ini di kisaran Rp14.650 - Rp14.780," kata Ariston dalam riset hariannya, Jumat (29/5/2020).

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar