--> -->

Kata Penumpang Soal Aturan Baru di KRL

  Jumat, 29 Mei 2020   Fitria Rahmawati
Sebagai ilustrasi, penumpang KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (28/5/2020). Protokol kesehatan pada moda transportasi publik yang ditetapkan KCI mensyaratkan agar penumpang tak berbicara secara langsung maupun menelepon saat berada di kereta. Foto: Republika/Putra M. Akbar

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Kebiasaan hidup baru atau yang dikenal dengan istilah The New Normal membuat banyak aturan berubah, termasuk di Kereta Rel Listrik (KRL). Dalam aturannya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) ikut menerapkan kebiasaan baru yakni penumpang kereta tidak perlu berbicara dan menelfon saat di dalma kereta.

Salah satu pengguna KRL di Stasiun Manggarai, mengaku sudah mengetahui adanya penerapan skema new normal di KRL.

"Yang diatur dalam new normal yang saya ketahui itu ya satu pola hidup mulai dari cuci tangan, pakai masker, jaga jarak kemudian pola-pola pergaulan harus dihindari lah. Hindari kerumunan umum yang saya ketahui itu," kata Herman (39) saat berbincang dengan Suara.com - jaringan Ayojakarta.com, Jumat (29/5/2020).

Menurut Herman, adanya penerapan skema new normal ini dirasa baik di masa pandemi virus Corona. Hanya saja, masyarakat memang betul-betul harus disiplin.

"Enggak masalah. Mau corona atau enggak itu tergantung penggunanya tergantung manusianya. Kalau penggunanya taat atau patuh apa yang ada perintah ga masalah," ungkapnya.

Sementara saat disinggung terkait penerapannya di rangkaian KRL dan Area Stasiun, Herman mengaku masih saja ada pengguna KRL lain yang terlihat acuh terhadap aturan.

AYO BACA : Ini Aturan Naik KRL Era New Normal

"Sebetulnya memang gaboleh sebetulnya (mengobrol dan angkat telepon dalam KRL) ga boleh. Cuma saya lihat orang masih maen telepon cuma ga ngangkat," ujarnya.

Terpisah, salah satu petugas keamanan dalam KRL, Candra Septian, mengatakan, para penumpang masih banyak yang mengobrol atau menelpon di dalam KRL. Menurutnya juga terkadang para penumpang abai dengan jaga jarak.

"Yang ngobrol masih. Tapi kalo lagi ngumpul bisa saya geserin. Dikasih tau lagi PSBB gini ga bisa ngumpul-ngumpul gini," kata Candra.

VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba mengatakan protokol kesehatan yang selama ini sudah diterapkan akan terus diberlakukan.

Penggunaan masker di stasiun ataupun di dalam kereta, pengecekan suhu, penyediaan tempat cuci tangan, hand sanitizer, hingga penyemprotan disinfektan pun masih diterapkan.

Untuk menunjang pelaksanaan New Normal, pihaknya juga akan menyediakan penyekatan di sejumlah titik stasiun sehingga jumlah orang yang berada berada di peron dan di dalam kereta dapat terkendali.

AYO BACA : Penyekat Akan Dipasang di Peron dan Kereta KRL

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar