Operasi New Normal, Dandim Jakarta Utara Ogah Pakai Rotan

  Sabtu, 30 Mei 2020   Aldi Gultom
Ilustrasi - Para pekerja menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker saat berjalan di trotoar kawasan Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. (Media Indonesia/Ramdani)

TANJUNG PRIOK, AYOJAKARTA.COM -- Aparat TNI dan Polri di Jakarta Utara siap menggelar operasi pendislipinan jika kebijakan tatanan kehidupan normal baru (new normal) diterapkan. 

Operasi pendisiplinan akan menyasar tiga sektor yaitu moda transportasi umum, pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern.

Terkait itu, Dandim 0502/Jakarta Utara, Kolonel Kav Tri Handaka, memastikan tindakan petugas di lapangan terhadap pelanggar protokol kesehatan new normal. 

“Kami tidak ingin seperti di negara India, yang lebih banyak masyarakat yang berobat karena sakit akibat cambukan rotan petugas. Kami lakukan operasi ini dengan santun dan tegas,” kata Tri Handaka, dikutip dari situs berita resmi Pemkot Jakarta Utara.

Sedangkan Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto, memastikan penegakan protokol kesehatan akan dilakukan secara bertahap, mulai dari pemberian imbauan, sanksi sosial, hingga sanksi hukum jika mengandung unsur kriminal.

Menurutnya, tugas tambahan mendisiplinkan masyarakat akan dijalankan TNI dan Polri sesuai instruksi dan arahan dari Presiden. 

"Masyarakat kan sudah tahu semua itu, jadi akan kami tekankan kepada masyarakat agar memenuhi protokol kesehatan dalam setiap kegiatan khususnya di tempat-tempat keramaian umum, kemudian di fasilitas umum,” jelasnya.

Ia menambahkan, operasi pendislipinan protokol kesehatan di Jakarta Utara akan melibatkan 610 personel gabungan (TNI-Polri). Petugas disebar ke tiga sektor di 6 kecamatan, terdiri dari 12 fasilitas moda transportasi umum, 19 pasar tradisional, dan 16 pusat perbelanjaan modern. 

“Secara teknis kami akan diskusikan lagi terkait keterbatasan jumlah personel yang ada. Karena ini mengarah pada kehidupan new normal (normal baru), situasi yang baru, tentunya ada perubahan pada tempat-tempat umum tersebut, misalnya akses pintu keluar masuk dan jam operasionalnya,” tutup Kapolres.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar