Polda Jateng Bentuk Kampung Siaga Covid-19

  Senin, 01 Juni 2020   Budi Cahyono
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi. (dok)

SEMARANG, AYOJAKARTA.COM – Sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 pada saat new normal, Polda Jawa Tengah membentuk sejumlah Kampung Siaga Covid-19.

Ada 285 Kampung Siaga Covid-19 yang sudah terbentuk dan tersebar di Jawa Tengah. Nantinya, Kampung tersebut akan diberikan bantuan serta edukasi seputar protokol kesehatan.

"Kampung Siaga Covid-19 ini merupakan role model yang bisa diaplikasi di mana saja dengan memberdayakan potensi masyarakat dan solidaritas sosial sebagai upaya pendisplinkan masyarakat menghadapi new normal," ujar Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi,  dalam keterangannya, Senin (1/6/2020).

Pihaknya berharap, melalui Kampung Siaga Covid-19 ini bersama pemangku wilayah seperti RT/RW, tokoh agama dan tokoh masyarakat, Bhabinkamtibmas dan Babinsa mampu melaksanakan edukasi protokol kesehatan Covid-19 dan menciptakan empathy building dan social bonding di tengah masyarakat.

"Nantinya, pula sebagai sarana pendukung, untuk setiap Kampung Siaga Covid-19 meliputi peralatan cuci tangan 1 unit, sprayer elektrik disinfektan 1 unit, thermogun 1 unit dan masker 100 lembar," katanya.

Adapun lima wilayah yang memiliki Kampung Siaga Covid-19 untuk saat ini antara lain, Kabupaten Rembang : 35 lokasi, Kabupaten Cilacap : 28 lokasi, Kabupaten Wonogiri : 26 lokasi, Kabupaten Karanganyar : 24 lokasi, Kabupaten Kudus : 24 lokasi. (Vedyana Ardyansah)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar