Adaptasi New Normal, Masjid di Bandung Barat Kembali Dibuka

  Selasa, 02 Juni 2020   Budi Cahyono
Sejumlah pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) memasang batas jarak fisik di Masjid Raya Bandung, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (1/6/2020). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

PADALARANG, AYOJAKARTA.COM -- Sejumlah masjid di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai memperbolehkan jemaah melaksanakan salat berjemaah setelah pemerintah Provinsi Jawa Barat menerapkan sistem new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) 1 Juni 2020.

Berdasarkan pantauan di Masjid Alun-alun Lembang dan Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan, Padalarang, KBB, aktivitas ibadah salat berjemaah kembali digelar dengan menerapkan social distancing dalam safnya. 

Pengurus DKM masjid memasang tanda silang berjarak 1 meter dengan selotip sebagai patokan berdiri saat salat berjemaah.  Pun di ruang wudu, keran air hanya dipergunakan dengan jeda tertentu dan jarak antrean ditandai.

Ketua MUI KBB KH Muhammad Ridwan, mengungkapkan pihaknya sudah memberikan imbauan salat diperbolehkannya masjid menggelar salat berjemaah, terutama masjid di perkampungan. 

AYO BACA : Batas Minimal Jamaah Salat Id

"Betul saat ini masjid sudah boleh menggelar salat berjemaah, terutama di masjid kampung atau lingkungan tempat tinggal. Untuk Masjid Agung KBB sampai saat ini masih belum buka karena di bagian bawahnya jadi tempat isolasi pasien positif Covid-19," ungkap Ridwan saat dihubungi, Senin (1/6/2020).

Saat melaksanakan salat fardhu berjemaah dan salat jumat, pihaknya menegaskan pengurus masjid dan jemaah harus menerapkan protokol kesehatan. 

"Tetap wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, mencuci tangan, dan menyemprot masjid dengan disinfektan. Jumlah jemaah pun harus dibatasi, tidak boleh terlalu padat," jelasnya. 

Pengurus DKM Masjid Lembang Enjang mengungkapkan, sangat menyambut baik pembukaan masjid untuk digunakan beribadah secara berjemaah. Sebab selama pandemi Covid-19 dan PSBB, kegiatan salat berjemaah di masjid praktis ditiadakan sementara waktu. 

"Alhamdulillah sudah dibuka lagi, sangat wajib disyukuri. Masjid sekarang boleh digunakan lagi salat berjemaah, tapi tetap kita lakukan protokol kesehatan dan pembatasan jemaah, apalagi yang salat di masjid ini kan dari mana-mana, harus diantisipasi," katanya. (Tri Junari)

AYO BACA : PSBB Berakhir 4 Juni 2020, Pemkot Bogor Tetap Jamin Penyaluran Bansos

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar