LRT Jakarta akan Uji Coba Sistem Perintah Suara

  Selasa, 02 Juni 2020   Widya Victoria
LRT Jakarta

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- PT LRT Jakarta telah mempersiapkan sejumlah protokol guna menyambut tatanan baru atau new normal.

Setelah menerapkan teknologi foot switch (pedal kaki) di tujuh stasiunnya, kini PT LRT Jakarta berencana memasang system voice command (perintah suara) untuk mengurangi sentuhan. Teknologi ini sebagai pengganti input tombol elevator.

"Tujuan menggunakan teknologi ini sebagai inovasi membantu mencegah penyebaran COVID-19 pada tempat rawan seperti gagang pintu, railing atau tombol elevator yang sering disentuh," ujar General Manager Corporate Secretary LRT Jakarta Bintang Kemal H , Selasa (2/6/2020).

Bintang menjelaskan, cara kerja alat ini sangat mudah yakni input didapat dari suara ketika pengguna berbicara melalui microphone-nya menggunakan extra board dalam bentuk raspberry pi zero. Selanjutnya disambungkan dengan microphone dan relay sebagai alat input pengganti tombol.

"Alat ini sudah dipasang di elevator main control center (MCC) untuk dikembangkan dan diteliti lebih dalam lagi, atau istilahnya diuji coba terlebih dahulu," katanya dilansir Berita Jakarta.

Dia menambahkan, nantinya setelah uji coba selesai, alat tersebut akan dipasang di seluruh elevator Stasiun LRT Jakarta.

"Kami berharap dengan alat ini maka penumpang kereta LRT Jakarta bisa semakin aman dan nyamam," tandasnya.

Direktur Utama PT LRT Jakarta Wijanarko memastikan protokol kesehatan dan kebersihan diterapkan dalam mendukung kenormalan baru. Kontak fisik ketika menggunakan transportasi modern tersebut juga dibuat seminimal mungkin.
 
"Mulai dari masuk LRT Jakarta, naik elevator tanpa menyentuh tombol lift melainkan menggunakan footswitch," jelasnya.
 
Sistem pembayaran juga tidak lagi menggunakan kartu. Penumpang hanya perlu mengoperasikan gawainya dengan tap masuk ataupun tap keluar dari gate.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar