Jangan Lewatkan! Ini Waktu Menyaksikan Momen Gerhana Bulan Penumbra

  Jumat, 05 Juni 2020   Budi Cahyono
[ilustrasi] Dini hari nanti, jangan lewatkan menyaksikan gerhana bulan penumbra. (dok)

SEMARANG, AYOJAKARTA.COM -- Fenomena gerhana akan terjadi di Indonesia pada 6 juni, yakni gerhana bulan penumbra. Di mana gerhana bulan penumbra terjadi saat posisi bulan – matahari - bumi tidak persis sejajar.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie menjelaskan, dari kondisi tersebut, membuat bulan hanya masuk ke bayangan penumbra bumi.

"Akibatnya, saat gerhana terjadi, bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama," ujarnya saat dihubungi Ayosemarang, melalui sambungan telepon, Jumat (5/6/2020).

Ajie menjelaskan, jika di tahun 2020 ini, ada sebanyak 6 kali gerhana yang terjadi. Yakni 2  kali gerhana matahari dan 4 kali gerhana bulan. Adapun gerhana bulan Perumbra besok merupakan salah satunya.

"Sementara untuk 21 Juni 2020 besok diprediksi akan terjadi Gerhana Matahari Cincin, yang dapat diamati dari Indonesia berupa Gerhana Matahari Sebagian, kecuali di sebagian besar Jawa dan di sebagian kecil Sumatera bagian Selatan," terangnya.

Untuk gerhana bulan penumbra terjadi mulai Sabtu (6/6/2020), pukul 00.46 WIB di wilayah barat, 01.46 WITA di wilayah Indonesia tengah, dan 02.46 WIT di wilayah timur.

Fenomena ini akan berlangsung hingga 04.04 WIB untuk wilayah barat, 05.04 WITA di wilayah tengah, dan 06.04 WIT di wilayah timur.

"Sementara, puncak gerhana bulan penumbra akan terjadi pada pukul 02.25 WIB di wilayah Indonesia barat, 03.25 WITA di wilayah tengah, dan 04.25 WIT di wilayah timur," katanya.

"Dikarenakan peristiwa gerhana kali ini merupakan gerhana bulan, masyarakat bisa tidak butuh menggunakan kacamata untuk melihat peristiwa tersebut terjadi," ucapnya. (Vedyana)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar