>

New Normal, Malaysia Buka Kembali Aktivitas Pendidikan dan Keagamaan

  Senin, 08 Juni 2020   Budi Cahyono
[Ilustrasi] Suasana Bukit Bintang, salah satu lokasi teramai di Kuala Lumpur sebelum pandemi virus corona. (Ayojakarta.com/Budi Cahyono)

MALAYSIA, AYOJAKARTA.COM -- Malaysia akan menerapkan tatanan hidup baru atau new normal, pada 10 Juni mendatang. Dilansir Anadolu Agency, Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yasin mengatakan, fase terbaru yang disebut Recovery Movement Control Order atau RMCO itu akan berlangsung hingga 31 Agustus.

AYO BACA : Malaysia Tuding 70% Kasus Impor Covid-19 Berasal dari Indonesia

"Ini adalah bagian dari strategi keluar. Sejak MCO dan MCO bersyarat diberlakukan, kita melihat tren penurunan kasus Covid-19 di Malaysia,” ujar Muhyiddin dalam pidatonya di Putrajaya, pada Minggu (7/6/2020).

AYO BACA : 4.189 Warga Malaysia Ditahan Karena Langgar Lockdown

Muhyiddin menyapampaikan, dalam fase pemulihan mayoritas aktivitas sosial, pendidikan, keagamaan, dan bisnis di Malaysia akan kembali dibuka. Namun, semua aktivitas itu akan berjalan dengan standar operasi baru sesuai situasi di lapangan. Muhyiddin juga menyampaikan pembukaan kembali tempat-tempat wisata lokal, salon-salon kecantikan, pasar malam dan bazar.

Namun, kegiatan olahraga masih dilarang, terutama yang mengalami kontak fisik, termasuk yang menghadirkan banyak penonton. Dia memperingatkan status Movement Control Order (MCO) bisa saja ditingkatkan lagi jika suatu daerah mengalami lonjakan kasus virus corona.

Muhyiddin meminta warga terus memantau status yang diberlakukan otoritas kesehatan di daerah masing-masing. Selain itu protokol kesehatan tetap harus dijaga, yakni menjaga jarak sosial, menjaga kebersihan tangan, dan memakai masker.

AYO BACA : Menpora: Malaysia Harus Minta Maaf Resmi ke Rakyat Indonesia

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar