>

Tak Bisa Tunjukkan SIKM saat Masuk Jakarta, 221 Orang Jalani Karantina

  Senin, 08 Juni 2020   Budi Cahyono
Petugas saat memeriksa SIKM dan KTP pengendara di check point PSBB Pasar Rebo, Jaktim. (Suara.com/Bagaskara).

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tak ingin ambil risiko dengan membiarkan masuk warga yang tidak memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Jika dalam razia berhasil lolos masuk tanpa menunjukkan SIKM, terpaksa warga yang bersangkutan wajib dikarantina.

AYO BACA : Pemohon Keluhkan Situs SIKM Sulit Diakses

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan sampai kemarin malam sudah ada 221 orang yang dikarantina. Mereka sudah masuk Jakarta namun kedapatan tak memiliki SIKM.

"Total 221 orang yang kami kirim ke lokasi karantina," ujar Syafrin saat dihubungi, Senin (8/6/2020).

AYO BACA : Permohonan SIKM Jakarta Melonjak, Layanan Live Chat Dibuka Pukul 07.30 - 22.00 WIB

Ia mengatakan kebanyakan orang yang datang itu lolos saat pemeriksaan menggunakan angkutan umum antarprovinsi dari daerah asal. Orang-orang itu didapati melanggar saat pemeriksaan di bandara, terminal, dan stasiun.

Seluruhnya dikirim ke lokasi karantina terdekat berdasarkan wilayahnya. Syafrin menjelaskan, misalnya kedapatan di Gambir, maka ditempatkan di tempat karantina Jakarta Pusat atau di Terminal Pulogebang maka dikarantina di Jakarta Timur.

"Ada satu orang dari Bandara Soekarno Hatta dikirim ke lokasi karantina di Jakarta Barat, 7 orang dari Kereta Api di Gambir itu kami kirim ke lokasi karantina di Jakarta Pusat, dan selebihnya kita kirim karantina ke lokasi di Wilayah Jakarta Timur," jelasnya.

Syafrin mengatakan seluruh biaya karantina ditanggung oleh masing-masing pelanggar. Pihaknya hanya bertugas mengantar pelanggar sampai ke lokasi karantina.

"Nah tempat karantina disiapkan oleh wilayah gugus tugas wilayah kota, biaya selama karantina memang diatur menjadi tanggung jawab pribadi," pungkasnya.

AYO BACA : Anies Siapkan 10 Titik Penjagaan untuk Pemeriksaan SIKM di Jakarta

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar