>

Jalankan Protokol Kesehatan, Satu Mal di Tangsel Sudah Beroperasi

  Selasa, 09 Juni 2020   Budi Cahyono
[Ilustrasi] Kasir melayani pembeli dari balik sekat plastik disalah satu pusat perbelanjaan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (9/6/2020). Sejumlah pusat perbelanjaan/swalayan mulai menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah covid-19. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

TANGERANG SELATAN, AYOJAKARTA.COM – Satu pusat perbelanjaan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel)  sudah dibuka setelah Pemkot Tangsel menyiapkan kebijakan new normal setelah masa berakhir Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pusat perbelanjaan Teras Kota yang berada di kawasan Serpong telah mengajukan permohonan izin dan kini telah dibuka.

“Bagi mal yang ingin buka mereka harus mengirimkan permohonan kepada Disperindag dan DPMPTSP, seperti halnya Teras Kota. Kita lihat kesiapannya," kata Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Selasa (9/6/2020).

Pemkot Tangsel telah mencatat ada beberapa mal yang mengajukan permohonan membuka kembali usahanya, dan sedang dilakukan pengecekan oleh tim terkait dengan kesiapannya itu. Tercatat ada empat mal yang sudah mengajukan izin buka secara leluasa.

“Yang sudah mengajukan Teras Kota, Bintaro, Pamulang Square, WTC. Itu mereka sudah mengajukan, tetapi harus kita cek. Terus tim juga harus turun ke lapangan, yang baru simulasi itu Teras Kota," ucapnya.

Namun dalam proses pembukaan kembali operasional mal tersebut, Airin meminta pengetatan protokol kesehatan Covid-19 yang harus tetap dijaga. “Kita lihat dulu kesiapannya mereka seperti apa dan lain-lain, baru boleh buka,” kata Airin.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tangsel, Maya Mardiana, mencatat ada 10 mal di Kota Tangsel. Namun, hanya empat di antaranya yang mengajukan untuk membuka operasional secara lebih.

“Bintaro Xchange, Teras Kota, Pamulang Square dan WTC. Hari ini yang paling duluan sudah presentasi segala macam dan lain-lain salah satunya Teras Kota. Sudah semuanya mereka ikuti nanti surat gugus tugas disampaikan ya Insyaallah sudah. Hari ini sudah buka mereka,” ujar Maya.

Diketahui sejumlah mal di Kota Tangsel selama PSBB memang tidak tutup sepenuhnya, ada beberapa yang buka namun hanya supermarket berisi kebutuhan dan farmasi atau toko obat. Saat ini kelonggaran telah diberikan, mal yang dapat izin diperbolehkan buka secara leluasa.

Lebih lanjut, Maya memperkirakan, pusat perbelanjaan lainnya akan segera ikut mengajukan izin buka. “Kayanya sih nanti dalam minggu ini bakal banyak. Kita bertahap jadi mereka setelah mengajukan kita tetap evaluasi dulu,” ujarnya.

Dirinya juga meminta pihak pusat perbelanjaan untuk siap menerapkan protokol kesehatan dalam mengatur para pengunjung.

“Di Perwal dibunyikan pusat perbelanjaan dimungkinkan untuk buka dengan catatan harus mengajukan rencana pengolaanya seperti apa protokol covidnya, jadi kita harus melihat dan harus simulasi mereka harus presentasi dan kita harus lihat di lapangan," ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar