51 OTG dan ODP di Kabupaten Majalengka Jadi Target Tes Swab Massal

  Rabu, 10 Juni 2020   Editor
Ilustrasi tes swab

MAJALENGKA, AYOJAKARTA.COM -- Sedikitnya 51 orang di Kabupaten Majalengka akan menjadi sasaran uji swab.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Agus Permana menerangkan, ke-51 orang yang menjadi sasaran itu merupakan orang tanpa gejala (OTG) dan orang dalam pemantauan (ODP).

"Untuk tahap pertama (uji swab), rencana 51 orang dengan sasaran OTG dan ODP dulu yang tersebar di wilayah kerja 12 puskesmas," katanya, Rabu (10/6/2020).

Agus yang juga kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka menyebutkan, sebanyak 1.800 tabung virus transfer media (VTM) telah dipersiapkan.

VTM merupakan media untuk membawa spesimen sampel lendir hidung dan tenggorokan pasien yang telah melalui uji swab, ke laboratorium tersertifikasi untuk diuji lebih lanjut. Hasilnya kelak adalah positif atau negatif COVID-19.

"Tahap selanjutnya akan dilaksanakan rapid dan swab massal dengan sasaran lebih banyak," ujarnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Majalengka, Alimudin mengatakan, rencananya uji swab massal dilaksanakan di bekas Pasar Lawas Majalengka, Kamis (11/6/2020) besok mulai pukul 09.00 WIB.

"Tes swab massal dilakukan untuk mempercepat penangan COVID-19 di Kabupaten Majalengka," jelas Alimudin yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka ini seperti dimuat Ayocirebon.com.

Lokasi itu sendiri dipilih karena dinilai rentan penyebaran virus penyebab Covid-19. Sampel swab tersebut rencannya dibawa ke Laboratorium Covid-19 Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Djati (UGJ) Kota Cirebon.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar