Kasus Corona di Kabupaten Cirebon Bertambah 2 Perempuan

  Rabu, 10 Juni 2020   Editor
Ilustrasi virus corona

SUMBER, AYOJAKARTA.COM -- Dua perempuan di Kabupaten Cirebon terkonfirmasi positif. Keduanya menjadi kasus ke-15 dan ke-16 di Kabupaten Cirebon.

"Hari ini ada penambahan dua pasien positif," ujarĀ  Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana, Rabu (10/6/2020).

Berdasarkan data, kasus ke-15 merupakan seorang perempuan berusia 46 tahun. Dia sebelumnya sempat dirawat inap di rumah sakit sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) pada 6 Juni 2020.

Pasien diketahui memiliki penyakit penyerta (comorbid) diabetes melitus. Pada 8 Juni 2020, yang bersangkutan menjalani uji swab.

"Hasil RT PCR diterima pada 9 Juni 2020 dan terkonfirmasi positif," ujarnya.

Nanang yang juga Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon ini mengatakan, masih mendalami kronologi perjalanan maupun kontak erat pasien.

Namun, penelusuran (tracing) yang dilakukan pihaknya mendapati lima orang telah berkontak erat dengan pasien.

"Kemarin (9 Juni 2020) sore, kami tracing dan baru mendapat lima orang kontak erat. Hari ini langsung uji swab terhadap mereka," tuturnya seperti dimuat Ayocirebon.com.

Selain pasien tersebut, terdata pula seorang perempuan lain berusia 41 tahun yang terkonfirmasi positif.

Pasien tersebut sebelumnya dinyatakan reaktif saat menjalani rapid test. Ketika itu, yang bersangkutan melakukan karantina mandiri hingga saat ini.

Uji swab terhadap pasien dilakukan 8 Juni 2020. Hasil RT PCR diterima pada Selasa (9/6/2020) yang diketahui positif.

"Yang bersangkutan sebelumnya melakukan perjalanan ke kawasan episentrum dan bertemu dengan orang yang reaktif," kata Wakil Ketia Divisi Pelayanan Informasi dan Komunikasi Publik pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Nanan Abdul Manan.

Tim gugus pun sudah menelusuri dan melacak (tracing dan tracking) kemarin sore.

Menurut Nanan yang juga Kepala Bagian Humas Pemkab Cirebon ini, dari hasil penelusuran sementara ini diketahui lima orang telah berkontak erat dengan pasien.

" Sebagai tindaklanjut memutus rantai penularan, hari ini kami melakukan uji swab kepads kelima kontak erat pasien ke-16," terangnya.

Hingga 10 Juni 2020, jumlah pasien positif di Kabupaten Cirebon terdata 16 pasien, dengan dua pasien di antaranya meninggal dunia. Enam pasien masih dalam perawatan, sedangkan sisanya delapan orang dinyatakan telah sembuh.

Untuk PDP tercatat total 60 pasien, dengan jumlah meninggal dunia sembilan pasien. Tiga pasien di antaranya masih dalam pengawasan, sedangkan 48 pasien dinyatakan selesai diawasi.

Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) tercatat 205 orang, dengan sepuluh orang di antaranya meninggal dunia. Lima orang masih dalam pemantauan, sisanya 190 orang dinyatakan selesai dipantau.

Jumlah orang tanpa gejala (OTG) di Kabupaten Cirebon 158 orang. Dari jumlah itu, 86 orang masih dalam pemantauan, sedangkan 72 orang lainnya selesai dipantau.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar