Pemkab Cirebon Fasilitasi Uji Swab Ratusan Santri Asal Kabupaten Cirebon

  Kamis, 11 Juni 2020   Budi Cahyono
Ribuan santri di Cirebon akan jalani tes swab difasilitasi Pemkab Cirebon. (dok)

CIREBON, AYOJAKARTA.COM -- Pemkab Cirebon bakal memfasilitasi uji swab ratusan santri asal Kabupaten Cirebon yang hendak kembali ke pondok pesantren masing-masing di berbagai daerah.

Langkah itu sebagai realisasi hasil rapat yang dilaksanakan bersama Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) PCNU Kabupaten Cirebon, selaku asosiasi pondok pesantren.

"Tes swab bagi 500 santri yang akan kembali ke pondok pesantren mulai Kamis (11/6/2020) sampai Jumat (12/6/2020)," kata Bupati Cirebon, Imron Rosyadi.

AYO BACA : Sambut Ribuan Santri, 700 Ponpes di Tasikmalaya Disemprot Disinfektan

Para santri yang akan menjalani swab sendiri berasal dari Kabupaten Cirebon yang akan kembali ke sejumlah pesantren di Kediri, Jombang, Yogyakarta, Tuban, dan wilayah lainnya.

Pihaknya sengaja langsung memilih uji swab ketimbang rapid test, dengan pertimbangan demi beroleh hasil akurat ihwal kondisi kesehatan masing-masing.

Santri yang sudah menjalani uji swab akan dibekali surat keterangan sehat, sebelum kemudian dapat kembali ke pondok pesantren masing-masing. Dengan surat itu, pihak pondok pesantren pun memastikan santri bersangkutan sehat.

AYO BACA : Kasus Baru Corona di RI Tembus 1.241 Dalam 24 Jam, Jatim Tertinggi

"Supaya tak ada keraguan bahwa santri asal Kabupaten Cirebon yang kembali ke pesantren dalam keadaan sehat," ungkapnya.

Program sejenis rencananya diluncurkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Namun, Kabupaten Cirebon telah memulai dan diklaimnya belum dilaksanakan di daerah lain.

Sementara itu, imbuhnya, sedikitnya 8.000 santri akan kembali ke sejumlah pesantren di Kabupaten Cirebon. Karena itu, pihaknya meminta pihak pondok pesantren membekali setiap santrinya dengan surat keterangan sehat, sebelum kembali ke pondok pesantren di Kabupaten Cirebon.

"Kami sudah anjurkan agar santri yang akan kembali ke pesantren di Kabupaten Cirebon membawa surat keterangan sehat," tuturnya.(Erika Lia)

AYO BACA : 14 Pedagang Positif Covid-19, Tiga Pasar di Cempaka Putih Gelar Tes Swab

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar