Berikut Persyaratan Calon Penumpang KA Reguler, Batita Wajib Pakai Face Shield

  Jumat, 12 Juni 2020   Editor
Bayi menggunakan face shield (Paolo Hospital Samutprakarn via AP)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kembali mengoperasikan kereta api jarak jauh dan KA lokal  reguler secara bertahap mulai hari ini. 

Namun sebelum bepergian dengan kereta api reguler, masyarakat harus memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah dibuat oleh KAI sesuai dengan aturan Gugus Tugas.

Adapun ketentuan itu di antaranya:

1. Calon penumpang KA Jarak Jauh maupun Lokal diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.
2. Calon penumpang wajib menggunakan masker dan menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.
3. Calon penumpang diminta untuk rutin mencuci tangan di tempat yang telah tersedia di stasiun, tetap membawa hand sanitizer pribadi, menjaga jarak saat duduk di ruang tunggu dan saat mengantre.
4. Calon penumpang diminta agar menggunakan pelindung wajah atau face shield selama perjalanan kereta yang disediakan oleh KAI.
5. Bagi penumpang yang membawa anak berusia di bawah tiga tahun, maka wajib menyiapkan face shield pribadi.
6. Bagi para penumpang dengan usia di atas 50 tahun yang sedang melakukan perjalananan kereta api, kondektur berhak mengatur penempatan tempat duduk penumpang tersebut supaya tidak berdampingan dengan penumpang lain.
7. Calon penumpang datang ke stasiun paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan.
8. Pada saat mengantre untuk boarding, penumpang harus mematuhi batas antre yang tersedia.

Calon penumpang harus menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku tujuh hari atau surat keterangan uji rapid test dengan hasil non reaktif yang berlaku tiga hari pada saat keberangkatan. 

Namun, bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas kedua tes tersebut dapat menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit atau puskesmas. Lalu, calon penumpang harus mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat seluler. Selain itu, khusus bagi calon penumpang yang akan bepergian dari dan menuju Provinsi DKI Jakarta, diharuskan memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) DKI Jakarta.

Tiket kereta api reguler dapat dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA.

Sedangkan, penjualan tiket di loket stasiun dilayani mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Pada tahap awal, KAI hanya menjual tiket 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. Tujuannya untuk menjaga jarak antarpenumpang selama dalam perjalanan. 

Adapun KA yang dioperasikan kembali pada tahap awal ini melayani perjalanan dari dan menuju stasiun: 
- Kiaracondong (Bandung) 
- Cirebon 
- Semarang Poncol 
- Purwokerto 
- Yogyakarta 
- Solo Balapan 
- Madiun 
- Surabaya Gubeng 
- Surabaya Pasar Turi 
- Jember 
- Ketapang (Banyuwangi) 
- Blitar 
- Lempuyangan 
- Bangil 
- Malang Kota Lama 
- Tegal - Kutoarjo 
- Padalarang
 - Cicalengka 
- Purwakarta 
- Padalarang 
- Cibatu. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar