Pasien Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah Dua Orang

  Jumat, 12 Juni 2020   Budi Cahyono
Pasien Covid-19 di Kabupaten Cirebon bertambah dua orang

CIREBON, AYOJAKARTA.COM -- Menjelang akhir pekan kedua Juni 2020, dua kasus Covid-19 kembali terkonfirmasi di Kabupaten Cirebon. Kedua kasus diketahui perempuan.

Wakil Ketua Divisi Pelayanan Informasi dan Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan menyebutkan, kedua pasien positif masing-masing berusia 41 tahun dan 52 tahun.

"Ada tambahan dua kasus terkonfirmasi positif (Covid-19), kasus ke-17 dan kasus ke-18," sebut Nanan, Jumat (12/6/2020).

Kasus ke-17 merupakan perempuan berusia 41 tahun yang baru menjalani operasi atas penyakit penyerta (comorbid) yang diidapnya.

Pasien, imbuhnya, menjalani uji swab pada 9 Juni 2020 dan kemudian terkonfirmasi positif. Saat ini, yang bersangkutan menjalani perawatan di rumah sakit.

"Pasien sudah dirawat di rumah sakit sejak 3 Juni 2020 karena penyakit penyertanya," ungkap Nanan yang juga Kepala Bagian Humas Pemkab Cirebon ini.

AYO BACA : 4 Daerah di Wilayah Cirebon Lanjutkan PSBB

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat pun sampai hari ini masih menelusuri dan melacak untuk mendeteksi dini kontak erat pasien.

Penelusuran dan pelacakan penting dilakukan guna memutus rantai penularan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

"Saat ini baru terdata 20 orang kontak erat. Untuk riwayat perjalanan masih didalami," katanya.

Untuk kasus ke-18, juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana menyebut, pasien merupakan perempuan berusia 52 tahun.

"Kasusnya didapat dari hasil skrining karena risiko pekerjaan," ujarnya.

Pihaknya sejauh ini masih mendalami riwayat pasien. Meski terkonfirmasi positif, yang bersangkutan sampai kini masih menjalani karantina mandiri di rumahnya.

AYO BACA : Calhaj Tertua di Kota Cirebon Berdoa Tahun Depan Masih Sehat

Serupa dengan pasien ke-17, pihaknya pula melakukan penelusuran dan pelacakan terhadap kontak pasien ke-18.

"Hari ini tracing dan tracking untuk mendeteksi dini kontak eratnya (pasien ke-18) dan memutus rantai penularan," jelasnya.

Pihaknya pun masih mendalami riwayat perjalanan pasien. Kasus kedua perempuan ini menjadi kasus kedua yang ditemukan di Kabupaten Cirebon menjelang akhir pekan ini.

Pada Rabu (10/6/2020), dua perempuan terkonfirmasi positif. Keduanya menjadi kasus ke-15 dan ke-16.

Sejauh ini, dari total 18 pasien positif di Kabupaten Cirebon, dua pasien di antaranya tercatat meninggal dunia. Delapan pasien masih dalam perawatan, sedangkan delapan pasien lain dinyatakan sembuh.

Jumlah PDP tercatat 60 pasien, dengan sembilan pasien di antaranya meninggal dunia. Dua pasien masih dalam pengawasan, sedangkan 49 pasien selesai diawasi.

Sementara, total ODP 209 orang, dengan sepuluh orang di antaranya meninggal dunia. Enam orang masih dalam pemantauan, sedangkan 193 orang selesai dipantau.

Di luar itu, 115 orang tanpa gejala (OTG) masih dalam pemantauan dari total 187orang. Sisanya, 72 orang dinyatakan selesai dipantau.(Erika Lia)

AYO BACA : 2 Pedagang Positif Corona, Pasar Sumber Cirebon Besok Tutup

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar