>

Zona Kuning, PSBB Indramayu Diperpanjang hingga 26 Juni 2020

  Sabtu, 13 Juni 2020   Budi Cahyono
Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat (ist)

INDRAMAYU, AYOJAKARTA.COM -- Fase pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kabupaten Indramayu diperpanjang hingga 26 Juni 2020.

Hasil evaluasi Pemprov Jawa Barat menyatakan Kabupaten Indramayu masih berada di zona kuning.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengungkapkan, level kewaspadaan kabupaten/kota di Jabar per 10 Juni 2020 tercatat 17 kabupaten/kota yang masuk zona biru (62,96%) dan sepuluh kabupaten/kota masih tergolong zona kuning (37,04%).

Gubernur mempersilakan setiap kabupaten/kota yang sudah masuk zona biru melonggarkan aktivitasnya. Lain halnya bagi zona kuning yang harus memperpanjang PSBB secara proporsional, dengan memperhatikan kondisi daerah setempat.

Plt Bupati Indramayu yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Taufik Hidayat menjelaskan, pemberlakuan PSBB proposional di Indramayu mulai berlaku Sabtu (13/6/2020) ini hingga 26 Juni 2020.

"Mulai Sabtu ini sampai 26 Juni mendatang, Indramayu masih menerapkan PSBB secara proporsional," katanya.

Meski begitu, PSBB yang diterapkan kali ini berbeda dengan sebelumnya. Dalam PSBB Proporsional, PSBB yang diterapkan mengarah pula pada fase adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Penerapan PSBB proporsional disesuaikan level kewaspadaan setiap daerah, baik kecamatan dan desa, dengan memperhatikan laju kasus positif Covid-19, PDP, maupun ODP.

"Berdasarkan evaluasi PSBB tahap tiga yang sudah diterapkan, operasi pembubaran kerumunan sangat efektif menekan laju penyebaran Covid-19," tegasnya.

Karena itu, pola ini akan dilanjutkan dengan fokus pada pembubaran kerumunan yang melibatkan TNI, Polri, Pol PP, dan unsur lain, hingga masuk ke desa-desa.

Selain itu, penekanan terhadap protokol kesehatan terhadap masyarakat akan terus secara masif dilakukan, terutama tiga kewajiban yakni mengenakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan.

"Semua aktivitas harus menerapkan tiga hal wajib itu," ujarnya.

Di samping itu, pihaknya berencana membuka kembali operasional beberapa sektor kehidupan di Indramayu. Namun, langkah itu akan dilakukan perlahan.

"Para pelaku usaha juga harus menandatangani surat pernyataan untuk mematuhi protokol pencegahan Covid-19," tandasnya.(Erika Lia)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar