>

CFD Sudirman-Thamrin Dibuka Minggu, PKL Dilarang Berjualan

  Kamis, 18 Juni 2020   Budi Cahyono
Sebagai ilustrasi, sejumlah warga berolahraga menggunakan sepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (7/6). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM  -- Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan akan mengadakan kembali car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin.

Syafrin mengatakan, ada beberapa larangan bagi warga. Seperti orang yang sedang terserang flu atau sakit dilarang masuk dalam kawasan CFD.

"Hari Minggu sudah ada HBKB (car free day). HBKB akan diaktivasi hari minggu besok," ujarnya di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat (18/6/2020).

AYO BACA : CFD Sudirman-Thamrin Dibuka Minggu Depan

Meski membuka lagi CFD, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan virus Corona (Covid-19).

"Ya Minggu ini HBKB (CFD) kembali diaktivasi (digelar). Namun dengan syarat protokol kesehatan dan PKL dilarang berjualan," kata Syafrin kepada wartawan, Kamis (18/6/2020).

Syafrin menjelaskan protokol kesehatan yang ketat seperti penggunaan masker, menjaga jarak aman, dan menghindari kerumunan. Ia juga menegaskan bagi warga yang kurang sehat dan sedang sakit, khususnya demam dan sedang flu, sangat dilarang mengikuti kegiatan CFD yang akan kembali digelar Minggu (21/6/2020). 

AYO BACA : CFD DKI Jakarta Dibuka, Pedagang Tak Boleh Berjualan

Menurut dia, orang yang sakit agar tetap berada di rumah ini sangat penting sebagai antisipasi penularan Covid-19 ketika Jakarta masih berjibaku penanganan Covid-19. Apalagi, kata dia, masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi yang sedang berjalan ini masih akan dilakukan evaluasi jika angka penularan kembali tinggi.

Karena itu, Syafrin berharap warga Jakarta tetap menaati aturan dan imbauan pelaksanaan CFD di masa PSBB transisi nanti. "Sebab CFD yang akan digelar Ahad ini adalah masih ujicoba di masa PSBB transisi, maka nanti akan ada evaluasi," ungkap dia.

Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta mulai melonggarkan beberapa kegiatan kembali setelah masa PSBB berjalan dan kini memasuki PSBB transisi. Pada pekan pertama hingga ketiga PSBB transisi, rumah ibadah, perkantoran, hingga pasar mulai diperbolehkan kembali beroperasi dengan syarat dan ketentuan ketat protokol kesehatan.

Pada pekan ketiga akhir pekan nanti, Pemprov DKI mulai membuka taman serta mengaktifkan kembali CFD setelah hampir tiga bulan ditiadakan. Selanjutnya pada pekan keempat Juni, Pemprov DKI akan melakukan evaluasi semua kegiatan di masa PSBB transisi, apakah sesuai harapan penanganan Covid-19 atau justru sebaliknya.

AYO BACA : Cegah Penyebaran Corona, Car Free Day Jakarta Ditiadakan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar