Aplikasi Tangerang Live Deteksi Jumlah Pengunjung Mal

  Jumat, 19 Juni 2020   Fitria Rahmawati
ilustrasi pengunjung mal. Foto: Republika/Thoudy Badai

KOTA TANGERANG, AYOJAKARTA.COM - Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang, Mulyani mengatakan, pihaknya tengah mengembangkan aplikasi Tangerang Live untuk mendeteksi jumlah kapasitas pengunjung mal dan pusat perbelanjaan modern.

Dikatakan Mulyani, fitur ini berguna untuk mengetahui siapa saja yang masuk ke dalam mal serta mengetahui ada tidaknya peningkatan pengunjung.

“Selama pandemi ini kan ada pembatasan kapasitas ruang publik, salah satunya mal. Jadi dengan fitur ini, pengelola dapat mengetahui jumlah pengunjung setiap waktunya dan melakukan pembatasan sesuai aturan,” ujar  pada Kamis (18/6/2020).

AYO BACA : Pemkot Tangerang Gunakan Magot Lalat Hitam untuk Kelola Sampah Organik

Fitur ini sangat dibutuhkan mengingat dalam masa tatanan kehidupan baru, masyarakat tidak diperkenankan berkerumun. Fasilitas publik di segala lini dianjurkan tidak diisi penuh oleh pengunjung, melainkan dibatasi kapasitasnya rata-rata menjadi 50%. Sementara di Kota Tangerang, mal hanya boleh diisi 35% kapasitas pengunjung.

Kepala Bidang E-Government Dinas Kominfo Kota Tangerang, Adhi Zulkifli menjelaskan fitur baru di aplikasi Tangerang LIVE bisa digunakan warga untuk memasuki area pusat perbelanjaan, ritel dan mal.

“Para pengunjung diharuskan check in dengan melakukan scan barcode dan mengisi data diri, seperti nama, nomor telepon, alamat email dan jumlah pengunjung yang ikut serta bersamanya,” katanya.

AYO BACA : 3 Terdakwa Kelompok Anarko Terancam 9 Tahun Penjara

Pengunjung juga harus melewati berbagai pemeriksaan ketat untuk memastikan bahwa dirinya aman dari virus sehingga boleh masuk mal. Pemeriksaan tersebut meliputi suhu tubuh, melewati bilik desinfeksi, dan lain-lain.

“Setelah check in berhasil, pengunjung harus melakukan pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu sebelum akhirnya dapat memasuki area mal,” ungkap Adhi.

Adapun saat pengunjung akan keluar area mal, juga diharuskan melakukan check out di aplikasi. Fungsi check in dan check out ini adalah untuk mengetahui jumlah pengunjung yang masih di dalam. Sehingga bisa memudahkan pengawasan apabila ada satu mall yang melebihi kapasitas.

"Saat keluar area, pengunjung juga harus melakukan check out dengan kembali membuka fitur Aman Bersama di aplikasi Tangerang Live," jelas Adhi.

AYO BACA : Perkembangan Kasus Satu Keluarga di Balaraja Tewas, Begini Penjelasan Polisi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar