>

90 Pelajar Asal Papua di Jabar Jalani Tes Swab

  Jumat, 19 Juni 2020   Budi Cahyono
90 pelajar asal Papua di Jabar jalani tes swab. (dok Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM -- Sebanyak 90 pelajar SMA/SMK asal Papua yang telah menyelesaikan studi di Jawa Barat menjalani tes swab di aula Dinas Pendidikan Jabar, Kota Bandung, Jumat (19/6/2020). Tes tersebut dilakukan guna memastikan mereka aman dari Covid-19 sebelum pulang ke Provinsi Papua dan Papua Barat.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pengetesan tersebut juga bertujuan agar orang tua para pelaja merasa aman. Tak hanya para pelajar, tes juga dilakukan terhadap enam orang pendamping.

"Maka kami fasilitasi tes swab kepada para pelajar yang baru lulus dan akan pulang kampung," ungkap Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Rinciannya, 90 pelajar SMA/SMK tersebut telah selesai menempuh pendidikan di Kota Bandung, Bogor, dan Cimahi, Kabupaten Bandung, Bandung Barat dan Bekasi. Selain itu, ada pula yang bersekolah di Sumedang, Subang, Sumedang, Purwakarta, dan Ciamis lewat program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat.

"Kita menyayangi mereka dan orang tuanya nanti di Papua, maka tolong kabarkan kalau dari Jabar mau kembali ke daerah selalu dalam kondisi yang pasti dan terukur kesehatannya," ungkap Emil. (Nur Khansa)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar