Gelandang Temperamen Arsenal Lolos dari Sanksi setelah Mencekik Leher Lawan

  Selasa, 23 Juni 2020   Budi Cahyono
Gelandang Arsenal, Matteo Guendouzi (kanan) terlibat insiden usai laga Liga Inggris 2019/2020 kontra Brighton di AMEX Stadium, Sussex. [Richard Heathcote / POOL / AFP]

LONDON, AYOJAKARTA.COM – Tim Arsenal bisa bernapas lega setelah Matteo Guendouzi dipastikan lolos dari sanksi Federasi Sepak bola Inggris (FA).

Gelandang muda yang dikenal temperamental ini tertangkap kamera mencekik penyerang Brighton, Neal Maupay pada lanjutan Liga Inggris 2019/2020 akhir pekan lalu.

The Gunners --julukan Arsenal-- secara mengejutkan harus bertekuk lutut di tangan Brighton dengan skor 1-2 di AMEX Stadium, Sussex, Sabtu (20/6/2020) malam WIB lalu.

Gol-gol Brighton dicetak oleh Lewis Dunk dan Maupay, sedangkan tim tamu hanya bisa menyarangkan satu gol lewat Nicolas Pepe.

AYO BACA : Manchester City Habisi Burnley di Etihad

Di awal-awal laga sendiri, kiper Arsenal, Bernd Leno terpaksa meninggalkan lapangan menggunakan tandu setelah bertabrakan dengan Maupay, yang memicu reaksi keras dari Guendouzi.

Guendouzi lantas mencekik Maupay setelah penyerang Brighton itu mencoba meminta maaf kepada Leno. Akan tetapi, insiden tersebut tidak terlihat oleh wasit Martin Atkinson.

Kedua pemain kembali bentrok setelah peluit akhir ditiup, dengan Guendouzi terlihat jelas memegang leher Maupay dalam tayangan ulang. Ya, lagi!

Namun demikian, Atkinson kembali tidak mengambil tindakan lebih lanjut terhadap gelandang sentral asal Prancis berusia 21 tahun itu.

AYO BACA : Guardiola Mulai Rancang Tim untuk Perebutan Juara Musim Depan

FA sendiri akhirnya merilis pernyataan resmi yang menegaskan bahwa Guendouzi tidak akan ditegur atas tindakannya.

Menurut FA, wasit telah mengambil semua langkah yang diperlukan untuk menangani situasi di lapangan.

"Perilaku Matteo Guendouzi selama insiden tersebut tidak terlihat oleh petugas pertandingan pada saat itu, tetapi kemudian ditinjau oleh VAR," demikian pernyataan FA seperti dilansir GOAL Intl.

"Akan tetapi tidak ada tindakan dari wasit setelah itu dan tak ada laporan pascapertandingan, sehingga ia (Guendouzi) tidak akan menghadapi tindakan lebih lanjut."

Dengan begitu, manajer Arsenal, Mikel Arteta pun bisa menurunkan Guendouzi ketika timnya bertandang ke St. Mary's Stadium markas Southampton pada Jumat (26/6/2020) dini hari WIB nanti.

AYO BACA : Kudeta Barcelona, Kemenangan Madrid Berbau Kontroversial

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar