5 Wisata Alam yang Bisa Ditelusuri dengan Bersepeda

  Rabu, 24 Juni 2020   Budi Cahyono
Gunung Kelimutu Flores (dok suara.com)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Sejumlah tempat wisata akan kembali beroperasi setelah pemerintah memberikan lampu hijau di masa new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) di tengah pandemi.

Setelah tiga bulan berada di rumah, tentu saja kebosanan menghinggapi setiap warga. Mereka pun sudah menanti akan berlibur, terutama memilih tempat wisata alam yang sejuk nan indah.

Berdasarkan survei yang dilakukan Booking.com wisatawan cenderung akan memilih wisata alam, dengan tren bersepeda yang semakin digandrungi saat ini. Berikut 5 lokasi wisata yang direkomendasikan, berdasarkan rilis yang diterima Suara.com, Rabu (24/6/2020).

1. Gunung Kelimutu, Flores

Menjelajahi jalur yang jarang dilewati, mengejar matahari terbit di Gunung Kelimutu di Flores dengan tinggi 1.639 meter di atas permukaan laut (mdpl) merupakan impian para pendaki.

Para penjelajah akan disambut oleh megahnya danau tiga warna yang terletak di antara tiga kawah gunung berapi bervariasi dari warna biru cerah hingga kehangatan warna coklat, tergantung pada musimnya tiap tahun. Bersiaplah di saat fajar, saat gerbang terbuka pada pukul 4.30 WIB dan mulailah petualangan Anda untuk menikmati keindahan panorama pegunungan.

Pilihan penginapan, bisa di Flores Passport House yang terletak di Ende adalah proyek impian para arsitek untuk akomodasi instagrammable dan menawarkan berbagai kegiatan dalam dan luar ruangan yang bervariasi bagi para tamu.

Untuk para pendaki, Flores juga menghadirkan rute jalan sekitar properti. Kamar-kamar dilengkapi dengan semua fasilitas modern dan dirancang khusus dengan jendela di atas tempat tidur untuk melihat pemandangan bintang-bintang yang indah di malam hari.

AYO BACA : Menakjubkan! Ini 5 Pesona Gunung Pelangi di Dunia

2. Gunung Batur, Bali

Bagi penggemar yang senang memacu adrenalin, tur mendaki dan bersepeda di sekitar Gunung Batur di Bali jangan terlewatkan. Tempat ini tertutup kabut tebal di dini hari, memberi kesan melayang di atas awan.

Nikmati sinar matahari pagi yang indah sambil menjelajahi kawah gunung berapi di pegunungan. Jika ini kunjungan pertama ke Bali atau ke sekian kalinta, maka Gunung Batur harus ada di daftar teratas destinasi liburan.

Pilihan tempat menginap, Ada di Kintamani, Black Lava Hostel and Lodge yang berjarak sekitar 500 meter dari Danau Batur. Tempat ini menawarkan teras untuk menikmati sinar matahari, pemandangan kolam renang luar ruangan dan fasilitas barbecue. Bisa berpetualang di daerah sekitarnya yang populer untuk bersepeda dan mendaki.

3. Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara

Lombok adalah surga bagi penjelajah dan wajib dicoba bagi penggemar para pendaki. Tidak hanya memiliki pantai yang indah, tetapi juga lokasi Gunung Rinjani, gunung berapi tertinggi ke-2 dan salah satu puncak paling terkenal di Indonesia.

Meski terletak 3.726 meter di atas permukaan laut, namun tidak perlu jadi pendaki untuk bisa mencapai puncak. Salah satu tempat paling populer untuk pendaki adalah Danau Segara Anak. Dengan perairan biru jernihnya, keindahan tidak mudah dilupakan.

Pilihan penginapan, Rinjani Lodge di Senaru adalah restoran dan akomodasi hotel yang berada di perbatasan Taman Nasional Rinjani di Lombok Utara. Tempat ini menawarkan pemandangan

AYO BACA : Usai PSBB, Warga Mulai Kunjungi Wisata Alam di Cisarua

Gunung Rinjani yang menakjubkan, sawah subur, kaki gunung berapi, dan pemandang laut yang memukau.

4. Desa Borobudur, Yogyakarta

Menjelajahi Yogyakarta dengan sepeda adalah cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dan fantastis karena akan menemukan rute bersepeda menakjubkan yang jarang terlewati oleh wisatawan lain.

Bersepeda di desa Borobudur merupakan perpaduan pengalaman berolahraga yang menyenangkan dengan pemandangan yang indah. Rute bersepeda ini dikelilingi pedesaan hijau yang subur, sawah, pertanian, dan rumah-rumah tradisional. Pilihan penginapan, bisa di Villa Arusha Jogja, vila mewah nyaman untuk keluarga dengan kamar-kamar pribadi dan menawarkan sepeda khusus untuk tamu.

Terletak di desa Sleman, hanya 15 kilometer di luar kota Yogyakarta, vila ini dikelilingi oleh sawah dan menawarkan panorama Gunung Merapi yang indah. Lingkungan yang damai ini sangat cocok untuk jalan santai di sore hari atau bersepeda di sekitar sawah padi.

5. Bukittinggi, Sumatera Barat

Kota Bukittinggi yang berbukit memiliki banyak pemandangan indah untuk dijelajahi. Yang wajib dikunjungi bagi penggemar bersepeda adalah Ngarai Sianok yang menakjubkan.

Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah sempit yang dikelilingi oleh tebing dan aliran air yang mengalir tepat di tengah untuk menciptakan pemandangan yang spektakuler. Selain bersepeda, trekking, atau jalan-jalan, kita juga bisa duduk dan menikmati ketenangan yang ditawarkan di lokasi ini.

Pilihan penginapan, ada di Bukittinggi, 1,4 kilometer dari Istana Bung Hatta, Padi Ecolodge menawarkan pengalaman unik bagi para wisatawan yang ingin berada di sekitar alam sambil tetap dekat dengan kota. Setiap kamar menawarkan pemandangan ngarai yang memesona.

AYO BACA : Gelar Simulasi, Candi Borobudur Siap Buka untuk Wisatawan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar