Kota Cimahi Bangun Laboratorium Uji Covid-19

  Rabu, 24 Juni 2020   Budi Cahyono
[ilustrasi] Kota Cimahi bangun laboratorium uji Covid-19

CIMAHI, AYOJAKARTA.COM -- Kota Cimahi memiliki Laboratorium Kesehatan (Labkes) untuk memeriksa hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) Coronavirus Disease (Covid-19) sendiri. Labkes yang berada di di Politeknik Kesehatan (Poltekes) akan dioperasikan mulai minggu depan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, Pratiwi mengatakan, dengan adanya labkes ini diharapkan hasil pemeriksaan sampel akan lebih cepat diketahui agar mempercepat penanggulangan terutama melacak dan pemetaan penyebaran virus Covid-19.

AYO BACA : RS PHC Surabaya Resmi Operasikan Laboratorium Covid-19, Kapasitas 500 Tes Per Hari

"Labkes ini sehari ditargetkan bisa lakukan pemeriksaan sampai 192 sampling sesuai arahan WHO," kata Pratiwi, Rabu (24/6/2020).

Dia menerangkan, jika total penduduk Cimahi berjumlah sekitar 600 ribu jiwa, maka ada 600 orang akan dilakukan swab test dalam setiap minggunya di sejumlah titik yang berpotensi timbulnya penyebaran virus corona.

AYO BACA : Kapasitas Tes Covid-19 Ditingkatkan

"Sehari minimal kita bisa laksanakan sebanyak 100 swab test secara masif. Apabila ditemukan yang positif, langsung dijemput dan dilakukan perawatan, selain itu kita tracing kontak erat pada pasien tersebut," ujar Pratiwi.

Pratiwi menyebutkan, hingga saat ini pihaknya telah laksanakan rapid test terhadap 6.000 orang serta swab test sebanyak 1.900 orang atau sekitar 1% dari total penduduk Kota Cimahi.

"Sedangkan yang terkonfirmasi positif mencapai 97 orang, 54 di antaranya sudah sembuh, tiga orang meninggal serta sisanya masih dalam penanganan," ucapnya.(Tri Junari)

AYO BACA : Panglima TNI Dukung Uji Klinis Terapi Secretom bagi Penderita Covid-19

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar