--> -->

Pasar Cibitung Jadi Percontohan Pasar SNI di Kabupaten Bekasi

  Kamis, 25 Juni 2020   Firda Puri Agustine
ilustrasi pasar. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

CIKARANG PUSAT, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah Kabupaten Bekasi akan segera melakukan revitalisasi Pasar Induk Cibitung dalam waktu dekat. Pasar ini menjadi pilot project atau percontohan pasar berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia) di Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi Abdul Rofiq mengatakan bahwa revitalisasi ini diharapkan bisa membawa perubahan yang lebih baik bagi Pasar Induk Cibitung serta menjadi ikon pasar sayur dan buah yang memiliki Standar Nasional Indonesia.

“Pasar Cibitung ini jadi pilot project pasar ber-SNI di Kabupaten Bekasi dan tentu kita harapkan PAD-nya bsia maksimal,” kata Abdul saat dihubungi Ayobekasi.net, Kamis (25/6/2020).

Konsep pasar sesuai SNI yakni meliputi sirkulasi dan pencahayaan tertata dengan baik, bersih, bisa diakses semua orang (lansia dan disabilitas), terdapat ruang laktasi, toilet bersih, pos kesehatan, pos keamanan, tempat beribadah serta sarana telekomunikasi dan informasi yang jelas.

AYO BACA : Revitalisasi Pasar Induk Cibitung Bakal Usung Konsep Zero Waste

Sebagai percontohan, konsep revitalisasi pasar juga mengedepankan sistem zero waste atau tanpa limbah dan ramah lingkungan. Kepala Cabang PT Citra Prasasti Konsorindo Mochammad Faisol mengatakan, sampah dan saluran drainase menjadi fokus utama perbaikan.

Sistem pengolahan sampah terpadu nantinya akan diolah langsung menjadi pupuk dan dapat dimanfaatkan kembali.

“Insyaallah Pasar Induk Cibitung ini akan menjadi pilot project. Semuanya tanpa ada limbah sama sekali. Nanti akan menjadi pupuk organik yang dapat dimanfaatkan,” kata dia.

Adapun revitalisasi pasar menelan biaya sebesar Rp190 miliar dan ditargetkan rampung dalam 18 bulan atau akhir 2021 mendatang.

AYO BACA : Anak Pemulung di Bantar Gebang Dibuatkan Sekolah Lengkap dengan Laboratorium Komputer

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar