3 ASN Cirebon Terjaring OTT Tim Saber Pungli Jabar

  Kamis, 25 Juni 2020   Budi Cahyono
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Saptono Erlangga. Foto: Republika/Djoko Suceno

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM – Tim Saber Pungli Jawa Barat (Jabar) brehasil mengamankan tiga aparatur sipil negara (ASN) dan tenaga honorer Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon dalam operasi tangkap tangan (OTT).

Ketiga ASN dan tenaga honorer tersebut diduga melakukan pungutan liar dalam proses pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik. OTT yang dilakukan Tim Saber Pungli tersebut berlangsung Rabu (24/6/2020).

AYO BACA : OTT Komisioner KPU di Tengah Praktik Kejahatan Komunikasi

"Mereka (tiga ASN dan tiga honorer) kini tengah diperiksa di Polda Jabar," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol S Erlangga dalam keterangannya, seperti dikutip Republika.

Sampai saat ini, kata Erlangga, keenam orang yang diamankan masih menjalani pemeriksaan intensif di Polda Jabar. Penyidik, kata dia, akan melakukan gelar perkara terhadap kasus ini untuk menentukan status keenamnya. 

AYO BACA : Usai OTT KPK, PT Pupuk Indonesia Gelar Rapat Mendadak

"Akan diakukan gelar perkara hari ini. Dari hasil gelar perkara  akan ditentukan kasusnya termasuk status ke enam yang diamankan tersebut," tutur dia.

Erlangga mengungkakan, OTT ini berawal dari laporan masyarakat tentang adanya praktik pungli dalam proses pembuatan KTP elektronik. Keenam orang yang diamankan, diduga melakukan pungli terhadap pemohon KTP dengan tarif Rp75 ribu untuk satu lembar KTP.

"Pungutan terhadap pemohon yang mengurus KTP elektronik tidak secara online. Ada pungutan terhadap pemohon," ujar dia.

Dalam kasus ini, sambung Erlangga, penyidik menyita barang bukti yaitu uang tunai Rp 11,85 juta uang penjualan blanko KTP. Barang bukti lainnya yaitu 62 lembar KTP sudah jadi, 10 lembar blanko KTP kosong,  dan empat blanko. 

"Barang bukti tersebut sudah diamankan oleh kita. Ada dugaan praktik penjualan blanko KTP," kata dia. 

AYO BACA : Selain Unsur BUMN, KPK Tangkap Anggota DPR saat OTT Pupuk

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar