Update Corona Indonesia 2 Juli: Rekor Penambahan Positif Covid-19 Tertinggi hingga 1.624

  Kamis, 02 Juli 2020   Fitria Rahmawati
Juru bicara penanganan Covid-19 Indonesia, Achmad Yurianto/ Republika

RAWASARI, AYOJAKARTA.COM - Indonesia kembali mencetak kasus tertinggi keterjangkitan virus Covid-19. Dalam 24 jam terakhir, terdapat penambahan kasus sebanyak 1.624 pasien positif Covid-19. Kini, total kasus konfirmasi positif di Indonesia sebanyak 59.394 orang.

Angka penambahan tertinggi sebelumnya tercatat pada Rabu (1/7/2020) dan Sabtu (27/6/2020) dengan 1.385 kasus baru.

AYO BACA : Kabupaten Bekasi Perpanjang PSBB Proporsional

Jawa Timur kembali menjadi provinsi dengan penambahan kasus terbanyak dalam satu hari terakhir, yakni 374 kasus baru. Kemudian menyusul DKI Jakarta dengan 190 kasus baru, Sulawesi Selatan dengan 165 kasus, Jawa Tengah dengan 153 kasus, dan Kalimantan Selatan dengan 114 kasus baru dalam 24 jam terakhir.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan, angka penambahan pada satu hari terakhir ini didapat dari pemeriksaan terhadap 23.519 spesimen. Artinya sampai saat ini, pemerintah sudah memeriksa sebanyak 849.155 spesimen pasien positif dan terduga Covid-19.

AYO BACA : Angka Penularan Covid-19 Kota Bogor Terendah se-Bodebek

"Jumlah kasus positif kita dapatkan dari hasil tracing yang secara agresif kita lakukan dan testing yang semakin masif kita lakukan. Dan sebagian dari kasus positif ini adalah kasus yang tidak memiliki indikasi dirawat di rumah sakit sehingga kita sarankan melakukan isolasi mandiri," jelas Yurianto dalam keterangan pers, Kamis (2/7/2020).

Kendati penambahan kasus hari ini cukup tinggi, jumlah pasien yang sembuh juga tercatat banyak, yakni 1.072 orang. Beberapa provinsi juga melaporkan jumlah pasien sembuh yang lebih banyak ketimbang jumlah kasus positif yang baru.

Banten misalnya, melaporkan ada 8 pasien positif baru dan 222 pasien sembuh. Kalimantan Timur melaporkan 6 kasus baru dan 14 pasien sembuh, Riau mencatatkan ada 1 kasus baru dan 10 pasien sembuh, dan Kalimantan Utara melaporkan tidak ada kasus baru dan 6 pasien sembuh.

Selain itu, ada 18 provinsi yang juga melaporkan penambahan kasus baru di bawah 10 orang dalam satu hari terakhir. Bahkan, enam provinsi juga melaporkan tidak ada penambahan kasus baru dalam 24 jam terakhir.

"Gambaran ini menunjukkan bahwa kasus sembuh adalah akan terus bertambah dari waktu ke waktu. Enam provinsi nol kasus baru, di antaranya Aceh, Babel, Jambi, Kalbar, Kaltara, Sulteng," kata Yurianto.

AYO BACA : Ini Manfaat Jamur Cordyceps sebagai Antivirus Covid-19

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar