Anggota Komisi X DPR Sebut Pemerintah Siapkan Anggaran Rp600 Miliar untuk Piala Dunia U-20

  Minggu, 05 Juli 2020   Budi Cahyono
Stadion Manahan, Kota Solo, salah satu venue penyelenggaraan Piala Dunia U-20. (Ayojakarta.com/Budi Cahyono)

SEMARANG, AYOJAKARTA.COM – Indonesia akan menjadi tuan rumah pergelaran pesta sepak bola terakbar di dunia kelompok usia 20 tahun pada 2021. PSSI telah menunjuk enam stadion untuk venue Piala Dunia U-20 2021.

Sementara itu, untuk mempersiapkan event internasional yang akan disorot publik dunia ini, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menpora Zainudin Amali sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC).

AYO BACA : Piala Dunia U-20: Kota Solo Siapkan 10 Ribu Kamar Hotel

Anggota Komisi X DPR RI, AS Sukawijaya menyebut, pemerintah telah mempersiapkan dana sebesar Rp600 miliar untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Munculnya besaran dana tersebut disampaikan setelah rapat dengan Komisi X DPR.

“Rinciannya, Rp400 miliar untuk pelaksanaan Piala Dunia, sementara Rp200 miliar untuk peningkatan prestasi timnas U-19 yang dipersiapkan berlaga di Piala Dunia U-20. Sehingga total keseluruhan Rp600 miliar,” jelas Yoyok Sukawi, sapaan karib Sukawijaya kepada Ayojakarta.com, Sabtu (4/7/2020).

AYO BACA : Jelang Piala Dunia U-20, Komisi X Minta Menpora dan Gugus Tugas Siapkan Kebijakan Khusus untuk Timnas

Yoyok yang juga anggota Exco PSSI ini mengemukakan, Presiden Joko Widodo memberikan perlakuan istimewa pada cabang olahraga sepak bola dan mengharapkan PSSI sepenuhnya fokus meningkatkan prestasi timnas Indonesia.

“Pak Presiden mengharap Piala Dunia U-20 bisa memberikan prestasi dan pemerintah siap all out mendukung penuh. Kami dari Komisi X mengapresiasi kebijakan Presiden Jokowi, karena memang ini event berskala dunia dan akan disorot dunia,” imbuh Yoyok.

Dia menambahkan, bagi provinsi yang sudah ditunjuk menjadi venue penyelenggaraan, yakni Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Manahan (Solo), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), Stadion Jakabaring (Palembang) dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) untuk mempersiapkan secara maksimal.

“Dalam jadwal memang terlihat masih satu tahun lagi, namun waktu tersebut bisa dikatakan sangat singkat, karena saat ini terpecah konsentrasi adanya pandemi Covid-19. Kami berharap kota yang sudah ditunjuk bisa mempersiapkan sarana dan prasarana, termasuk di dalamnya lapangan pendukung,” tegas Yoyok.

AYO BACA : Stadion Si Jalak Harupat Jadi Venue, Bobotoh Siap Ramaikan Piala Dunia U-20 2021

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar