Mourinho Sindir Aksi Blunder De Gea

  Selasa, 21 Juli 2020   Budi Cahyono
Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho. (OWEN HUMPHREYS / POOL / AFP)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Setelah mengomentari keberuntungan Manchester United mendekat zona Liga Champions, kini Jose Mourinho melontarkan sindiran pedas kepada David De Gea, kiper utama MU.

Manajer Tottenham Hotspur yang juga eks pelatih Manchester United tersebut mengatakan, saat ini De Gea sangat nyaman bersama MU.

"Untuk David, saya tidak melihat adanya tekanan berarti. Ia hidup nyaman di Mancheter United saat ini, mungkin ini yang membuatnya kehilangan fokusnya, kehilangan etos kerjanya. Tapi saya tidak tahu, hanya ia yang tahu," sindir Mourinho seperti dilansir The Mirror.

"Sebagai perspektif, siapa (klub mana) yang mau membayar David dengan angka seperti ini? (De Gea) sedikit beruntung karena bisa mendapatkan kontrak fenomenal itu," sambung pelatih asal Portugal berusia 57 tahun itu.

AYO BACA : De Gea Sering Blunder, Begini Reaksi Ole

Sebagai informasi, saat ini De Gea memang menjadi kiper dengan bayaran termahal di dunia. Manchester United menggajinya 375 ribu pounds (sekira Rp7 miliar) per pekan dengan durasi hingga musim panas 2023 mendatang.

"Apakah dia bagus? Ya, dia kiper yang sangat bagus. David lebih baik saat berada di atas garis (gawang) ketimbang harus keluar dari sarangnya. Saya pikir di gawang, kelincahan dan level tekniknya tidak ada duanya," tegas Mourinho.

Kini, seandainya harus pergi dari Manchester United, Mourinho pun meyakini jika De Gea tidak memiliki banyak pilihan, sangat kontras dengan beberapa musim lalu saat sang kiper jadi 'komoditi panas' di bursa transfer.

Kiper Manchester United, David De Gea menjadi buah bibir setelah tampil mengecewakan dalam kekalahan 1-3 dari Chelsea pada laga semifinal Piala FA 2019/2020. Kiper berpenampilan klimis itu setidaknya bertanggung jawab penuh atas terciptanya dua dari tiga gol Chelsea.

AYO BACA : Piala FA: De Gea Bikin Manchester United Merana

De Gea jelas bersalah atas gol pembuka Chelsea di Wembley, Senin (20/7/2020) dini hari WIB yang dicetak Olivier Giroud menjelang akhir babak pertama.

Kiper berusia 29 tahun itu kemudian melakukan kesalahan yang lebih konyol lagi di awal babak kedua, yang membuat gawang Manchester United kembali kebobolan dan praktis 'membunuh' Setan Merah pada laga ini.

De Gea membiarkan tembakan jarak jauh Mason Mount, yang sejatinya lemah tanpa power berarti, menggeliat melewatinya dan masuk ke gawang.

Sorotan pun sontak tertuju pada De Gea, sebagaimana kiper internasional Spanyol itu memang kerap membuat blunder-blunder elementer nan konyol, khususnya pasca-Piala Dunia 2018 lalu hingga saat ini.

Serangkaian kesalahan dari De Gea lantas mendorong seruan agar ia segera diganti dengan Dean Henderson sebagai kiper utama Manchester United mulai musim depan.

Kiper berusia 23 tahun jebolan akademi Manchester United itu memang tampil impresif bersama Sheffield United dalam dua musim terakhir dengan status pinjaman, terlebih pada musim ini di pentas Premier League.

AYO BACA : Berpeluang Masuk Zona Champions, Jose Mourinho Sebut MU Beruntung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar