Lanjutan Kompetisi Liga 2: 7 Tim Ajukan Jadi Tuan Rumah

  Kamis, 30 Juli 2020   Budi Cahyono
Stadion Manahan Solo, home base Persis Solo. (Ayojakarta.com/Budi Cahyono)

SLEMAN, AYOJAKARTA.COM – Format kompetisi Liga 2 akan diubah total karena pandemi Covid-19. Berbeda dengan format Liga 1 yang masih menggunakan sistem home-away, format kompetisi Liga 2 akan menggunkan sistem grup.

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno mengatakan, tujuh tim Liga 2 mengajukan ke PT LIB menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan venue.

Ketujuh klub tersebut, Persis Solo, Persijap Jepara, KS Tiga Naga, Badak Lampung FC, Sulut United, dan Kalteng Putra.

AYO BACA : Lanjutan Kompetisi Liga 1: PT LIB ke Yogyakarta untuk Cek Kesiapan Stadion

‘Berbeda dengan Liga 1, format kompetisi Liga 2 sangat berbeda di masa pandemi saat ini. LIB akan buat empat grup, maisng-masing grup berisi enam tim. Mungkin satu grup di Kalimantan, satu di Sumatera, dan dua di Jawa. Untuk sementara baru tujuh tim itu yang mengajukan diri," jelas Sudjarno kepada Ayojakarta.com saat di Sleman, Rabu (29/7/2020), malam.

Terkait format kompetisi ini, PT LIB akan mengundag klub Liga 2 untuk managers meeting. Sudjarno mengungkapkan, adanya bocoran pembagian grup Liga 2 tersebut belum resmi.

“Masih saja ada perubahan, karena kita belum managers meeting dengan klub Liga 2. Yang pasti, format kompetisi berubah. Paling lama kompetisi berjalan 1,5 bulan untuk Liga 2,” ungkapnya.

AYO BACA : 3 Tim Liga 1 Menolak Lanjutkan Kompetisi, Ketum PSSI: Semua Kawan Kita

Pihaknya memastikan penunjukan venue atau tuan rumah Liga 2 tidak sembarangan, namun dengan cara diundi. Tim yang resmi mengajukan diri dan akhirnya terpilih, belum tentu bermain di stadion mereka sendiri.

Menurutnya, hal itu adalah sebagai bentuk untuk menjunjung tinggi keadilan. Selain itu, PT LIB juga memastikan seluruh perangkat kepanpelan akan menjadi tanggung jawabnya. Direncanakan Liga 2 bergulir pertengahan Oktober

"Nanti akan kami undi siapa saja yang menempati grup dan venuenya. Jadi sebuah tim belum tentu bisa main di rumahnya sendiri, biar fair. Kalau memang rejekinya ya akan main di kandangnya," jelas Sudjarno.

Dikonfirmasi terpisah, CEO Persis Solo, Azmy Alqomar membenarkan mengajukan diri menjadi tuan rumah venue kompetisi Liga 2.

“Kompetisi kan belum jelas kapan bergulir. Direncanakan pertengahan Oktober, ya kami masih menunggu saja keputusan dari PSSI. Semua izin kompetisi saat ini kan dari pemerintah lewat Satgas Covid-19, kita tunggu saja lah,” kata Azmy saat dihubungi berada di Jakarta.

AYO BACA : Resmi, Kompetisi Liga 1, 2, dan 3 Dilanjutkan Oktober

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar