Pencuri Mobil Modus Ban Kempes di Jaksel Dibekuk

  Sabtu, 01 Agustus 2020   Fitria Rahmawati
ilustrasi kriminalitas / shutterstock

MAMPANG PRAPATAN, AYOJAKARTA.COM - Kelompok pencuri yang menyasar pengemudi mobil dengan menggembosi mobil korban dibekuk Polsek Mampang Prapatan Jakarta Selatan (Jaksel). Dua pelaku R (29) dan IA (26) menyasar korban yang sedang menyetir mobil sendirian.

Kapolsek Mampang Prapatan Jakarta Selatan Kompol Sujarwo mengatakan pelaku kejahatan diamankan Rabu (29/7) sekitar pukul 14.30 WIB, usai tertangkap tangan warga saat melakukan aksinya.

Kejadian bermula saat kedua tersangka mengincar satu unit mobil di Jalan Antasari yang sedang mengarah ke Kemang. Kemudian, mereka memasukkan potongan besi yang sudah dimodifikasi menyerupai paku ke ban mobil korban. IA dan R pun menyalip mobil untuk memberitahu pengemudi bahwa ban mobilnya kempes.

AYO BACA : Perempuan Ojol Pelawan Begal Dapat Penghargaan dari Polres Bekasi

“Korban tetap mengendarai mobil tersebut dan mencari lokasi yang aman. Sesampainya di TKP Jalan Kemang Raya, korban turun dari mobil untuk mengecek ban yang kempes,” kata Sujarwo saat dikonfirmasi, Sabtu (1/8/2020).

Sujarwo mengungkapkan, saat korban akan mengambil dongkrak di bagian belakang mobil, korban melihat tersangka R sedang membuka pintu depan mobil dan mengambil sebuah tas berisi laptop. Setelah itu kedua tersangka kabur dengan menggunakan sepeda motor.

Korban pun sempat mencoba menghalangi sepeda motor tersangka dan menyebabkan keduanya terjatuh. 

AYO BACA : Usai Begal Motor di Tanjung Duren Utara, Tiga Pria Dibekuk

"Korban lalu berteriak meminta bantuan dan para tersangka berhasil dikejar lalu ditangkap oleh warga dan anggota Polsek Mampang," papar Sujarwo.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, para tersangka menggunakan dua sepeda motor dan berboncengan masing-masing. Mereka kemudian mencari sasaran korban dan lokasi yang berbeda.

“Pelaku mencari korban yang memang menggunakan mobil, kemudian terlihat satu pengemudi dan terlihat barang yang ada di situ,” jelas dia.

Dari tangan kedua tersangka, polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya berupa satu unit laptop merek Lenovo warna hitam, satu unit sepeda motor Suzuki FU 150 bernopol BH-6981-TW, dan sebuah potongan besi kerangka payung.

Akibat perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP. Mereka diancam hukuman penjara maksimal tujuh tahun.

AYO BACA : Sering Ngaku Masih Bocah, Begal Motor Ini Sering Lolos dari Jerat Hukum

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar