Obat Herbal Covid-19 Hadi Pranoto Tak Pernah Diberikan ke Wisma Atlet

  Senin, 03 Agustus 2020   Budi Cahyono
Hadi Pranoto dan 'obat Covid-19' racikannya. [Istimewa]

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Sosok Hadi Pranoto mengklaim menemukan obat herbal yang dapat menyembuhkan dan mencegah Covid-19. Namun, ternyata obat herbal tersebut tidak pernah diberikan kepada pasien di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet.

Selain itu, dia belum melakukan uji klinis baik di Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Nasional (Kemenristek/BRIN), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

AYO BACA : Belum Ada Penurunan Kasus Harian Covid-19 di Jakarta

Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek/BRIN Ali Ghufron Mukti mengatakan, pria yang mengaku sebagai profesor dan pakar mikrobiologi itu juga tidak pernah menjadi salah satu anggota peneliti konsorsium dalam tim pengembangan herbal imunomodulator yang dibentuk Kemenristek/BRIN.

Musababnya, Ali mengimbau masyarakat harus berhati-hati mengenai obat herbal yang belum terbukti kebenarannya secara uji klinis oleh instansi resmi terkait.

AYO BACA : Anji dan Hadi Pranoto Bisa Berujung ke Penjara? Netizen Bersatu Tak Bisa Dikalahkan

“Kemenristek/BRIN akan terus memantau dan menindaklanjuti isu ini, serta akan terus memperbaharui informasi sesuai data terkini terkait riset dan inovasi percepatan penanganan Covid-19,” tegas Ali dalam keterangan tertulis, Senin (3/8/2020).

Di sisi lain, pihaknya tetap mengapresiasi langkah Hadi Pranoto jika upaya riset dan inovasi yang dilakukan melalui prosedur tepat. Sebab, saat ini Indonesia tengah gencar melakukan temuan antivirus maupun obat Covid-19 secara mandiri.

“Kemenristek/BRIN melalui Konsorsium Riset dan Inovasi untuk Percepatan Penanganan Covid-19, selalu menghargai dan apresiasi setiap upaya riset dan inovasi melalui prosedur tertentu untuk dapat menangani pandemi yang sangat membebani,” ujarnya. (Aini Tartinia)

AYO BACA : Mafindo Sebut Video Anji – Hadi Soal Covid-19 Menyesatkan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar