ISIS Serang Penjara, Ratusan Narapidana Berhasil Kabur

  Selasa, 04 Agustus 2020   Khoirur Rozi
Ilustrasi ISIS. (Suara.com/Ema Rohimah)

JALALABAD, AYOJAKARTA.COM - Sebuah serangan bersenjata terjadi di penjara Kota Jalalabad, Afganistan pada Senin (3/8/2020) waktu setempat. Sebanyak 29 warga sipil, narapidana, dan tentara tewas dalam serangan itu. Sementara korban luka ada sekitar 50 orang.

Serangan mematikan itu dilakukan oleh kelompok ISIS di negara tersebut. Selain korban tewas dan luka, ratusan narapidana kini menjadi buronan setelah melarikan diri dari penjara saat serangan terjadi.

"Dari 1.793 tahanan, lebih dari 1.025 mencoba melarikan diri dan ditangkap kembali dan 430 lainnya tetap di dalam. Sementara lebih dari 300 tahanan berhasil keluar dari penjara," kata juru bicara gubernur provinsi Nangarhar, Attaullah Khugyani dilansir dari Reuters, Selasa (4/8/2020).

Sementara itu, pasukan keamanan Afghanistan berhasil memukul mundur milisi ISIS yang sempat menguasai area penjara. Sebanyak 10 orang anggota ISIS tewas dalam pertempuran yang cukup sengit ini.

"Ada 10 penyerang (ISIS) telah tewas oleh pasukan keamanan Afghanistan. Namun, seorang anggota dewan provinsi dan seorang saksi di dalam penjara mengatakan bahwa jumlahnya mungkin sekitar 30 ISIS tewas," jelasnya.

Serangan ini diduga sebagai aksi balasan atas tewasnya salah satu komandan ISIS di wilayah tersebut. Intelijen Afghanistan menyebutkan pasukan khusus telah membunuh seorang komandan senior ISIS di dekat Kota Jalalabad.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar