Tiga Langkah Antisipasi Jakpus Cegah Banjir

  Rabu, 05 Agustus 2020   Icheiko Ramadhanty
Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Bayu Meghantara/ dok

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM - Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Bayu Meghantara, menjelaskan ada tiga langkah penting yang dilakukan terkait antisipasi genangan air di masa pendemi. Dia melakukan langkah tersebut sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Adapun, Bayu menyebut tiga langkah tersebut adalah antisipasi, penanganan saat terjadi banjir, dan pasca-genangan. Terkait antisipasi, Bayu menjelaskan pihaknya melakukan sejumlah persiapan. Persiapan itu dimulai dari lokasi yang akan dijadikan tempat penampungan, kesiapan tenaga medis, penerapan protokol kesehatan, termasuk kesiapan masker, dan physical distancing.

AYO BACA : Jalan Layang Tapal Kuda Pertama di Jakarta Selesai Desember

“Kita nggak tau situasi ini sampai kapan, penanganan dan antisipasi banjir juga dalam situasi berbeda. Lokasi penampungan kita membutuhkan lokasi baru karena harus ada penerapan physical distancing,” ungkap Bayu usai Rapat Pimpinan di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (04/8/2020) dilansir dari website resmi pusat.jakarta.go.id.

Untuk penanganan saat genangan, kata dia, perlu dipastikan kebutuhan logistik bagi pengungsi. Sementara, pasca-genangan, akan dipersiapkan kebutuhan disinfektan.

AYO BACA : Cegah Banjir, Kali Item Tambora Dikeruk

“Setelah genangan surut, kita butuh disenfektan dan spayer. Ini akan jadi PR kita bersama karena situasi pandemi ini, semua jadi berbeda,” tandasnya.

Sebagai informasi, pada awal tahun 2020, kawasan Jakarta Pusat merupakan salah satu kawasan yang paling parah tergenang air, tepatnya banjir yang merendam underpass Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurut Bayu hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta pada saat itu membuat panel pompa-pompa air yang disediakan pihak Pusat Pengelolaan Kompleks Kemayoran (PPKK) tidak berfungsi. Hal itulah yang membuat air pada akhirnya membanjiri wilayah underpass Kemayoran.

AYO BACA : Anies Sebut Reklamasi Ancol Bagian dari Penanggulangan Banjir

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar