Terkontraksi pada Triwulan II/2020, Anies Optimistis Ekonomi Jakarta Cepat Pulih Setelah Wabah Covid-19

  Rabu, 05 Agustus 2020   Khoirur Rozi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (dok Humas Pemprov DKI)

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan optimistis perekonomian Jakarta akan cepat pulih pascaterkontraksi pada kuartal II 2020. Diketahui, ekonomi Provinsi DKI Jakarta pada kuartal II 2020 terkontraksi atau negatif hingga mencapai 8,22%.

Kontraksi ekonomi di Jakarta jauh lebih dalam dari perekonomian nasional di kuartal II ini minus 5,32%. Meski begitu, Anies memperkirakan jika wabah Covid-19 sudah terkendali, perekonomian Jakarta akan lebih cepat bangkit kembali.

AYO BACA : Pertumbuhan Ekonomi Jabar Triwulan II/2020 -5,89%

"Sejak awal memang diperkirakan ekonomi Jakarta akan turun lebih dalam daripada Nasional di saat krisis, namun juga diperkirakan bahwa saat wabah terkendali maka ekonomi Jakarta termasuk yang akan rebound paling cepat, insyaallah," ungkap Anies di akun Facebook resminya, Rabu (5/8/2020).

Menurut Anies, turunnya ekonomi DKI Jakarta sebagai dampak dari wabah pandemi Covid-19. Oleh sebab itu dia mengajak masyarakat menuntaskan akar masalah yakni penyebaran virus yang berasal dari Kota Wuhan, Tiongkok itu.

AYO BACA : Sandiaga Uno: Pemerintah akan Umumkan Resesi Ekonomi, Besok 5 Agustus!

"Kita memang sedang menghadapi tantangan besar, insyaAllah, tidak jadi berat. Sebabnya adalah krisis kesehatan, dampaknya adalah krisis ekonomi. Maka, kita harus disiplin membereskan sumber masalahnya, yaitu pandemi Covid -19," jelasnya.

Anies mengingatkan masyarakat bisa berperan mengatasi akar masalah Covid-19 beserta dampak pengikutinya dengan cara disiplin menerapkan protokol kesehatan. Dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, maka penularan penyakit ini dapat ditekan.

"Kita sama-sama berjuang bereskan penyebabnya supaya dampaknya bisa dikendalikan. Jangan salah fokus, bereskan dulu akarnya dengan serius hingga tuntas. Insya Allah kita akan bisa melewati ujian ini. Semoga Allah rahmati Kota Jakarta dan lindungi kita semua," imbuhnya.

AYO BACA : Loyo, IHSG Dibuka di Zona Merah Senin 3 Agustus

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar