Cara Mudah Mencairkan Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan via Lapak Asik Online

  Jumat, 07 Agustus 2020   Eries Adlin
Ilustrasi/bpjsketenagakerjaan.go.id

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pandemi Covid-19 yang sudah merebak selama enam bulan ini, pemerintah mengumumkan kasus pasien pertama pada 2 Maret 2020, menyebabkan banyak perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Nah, kalian yang ter-PHK mungkin harus tahu info cara mudah mencairkan klaim jaminan hari tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan via online dengan Lapak Asik.

BP Jamsostek, begitu sekarang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan sering disebut, memang telah merilis sejumlah layanan bagi peserta yang hendak mencairkan dana JHT setelah berhenti bekerja. Cara mudah pencairan tersebut dinamakan Lapak Asik atau Layanan Tanpa Kontak Fisik. Layanan tersebut telah diimplementasikan di seluruh kantor cabang sejak Maret 2020. Lapak Asik itu terdiri dari kanal online, offline, dan kolektif.

Dari tiga kanal tersebut, kanal layanan online menjadi sarana yang paling diminati. Alasannya tentu karena fasilitas itu merupakan cara mudah untuk mencairkan klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan tanpa harus datang ke kantor cabang BP Jamsostek.

AYO BACA : KOPI SUSU CING ABDEL: Di Balik Lelaki Sukses, Ada…?

Pandemi Covid-19 memang membuat banyak orang yang khawatir kalau harus keluar rumah dan berada dalam kerumunan. Mau tidak mau, ketika ada cara mudah mencairkan klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan, mereka memilih layanan Lapak Asik online. Setelah melakukan mengajukan klaim JHT secara online, peserta tinggal menunggu proses konfirmasi yang akan dilakukan oleh petugas BP Jamsostek.

Secara prosedur, pengajuan klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan via Lapak Asik online pun boleh dibilang amat efektif dengan tetap mengedepankan aspek keamanan. Ada mekanisme konfirmasi validitas data peserta.

Berikut ini mekanisme pengajuan klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan via Lapak Asik online:

1. Registrasi melalui aplikasi BPJSTKU atau situs antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id

AYO BACA : Mau Jadi Pegawai Setempat Kedutaan di Luar Negeri? Ini Enak & Gak Enak-nya

2. Silakan pilih tanggal, waktu pengajuan, dan kantor cabang yang masih tersedia.

3. Lantas scan atau pindai semua dokumen yang dipersyaratkan termasuk formulir klaim JHT yang sudah diisi lengkap. Kemudian kirim dokumen tersebut melalui email ke kantor cabang tujuan yang dipilih.

4. Setelah itu, kalian harus mengirimkan dokumen yang sudah dipindai melalui link yang diterima pada email yang telah didaftarkan paling lambat H-1 sebelum tanggal pengajuan.

5. Pastikan email dan nomor HP yang didaftarkan terhubung dengan aplikasi Whatsapp. Kalian harus pastikan fasilitas chat dan HP terus aktif selama proses pengajuan klaim. Pasalnya, informasi dan konfirmasi akan dilakukan oleh petugas BPJS Ketenagakerjaan melalui panggilan video (video call).

6. Ketika dihubungi petugas BPJS Ketenagakerjaan lewat panggilan video, kalian harus siap dengan seluruh dokumen asli yang terkait dengan pencairan klaim JHT itu.

7. Jika semua dokumen dinyatakan lengkap, pengajuan klaim akan diproses lebih lanjut dan klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan akan ditransfer ke rekening bank milik kalian.

Jadi, silakan coba cara mudah mencairkan klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan via Lapak Asik online. Semoga bermafaat.

AYO BACA : KOPI SUSU CING ABDEL: Belajar dari Gus Baha dan Anak Tongkrongan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar