Ada Klaster Penularan Corona Rumah Tangga di Jakbar, Ini Respon Camat Kalideres

  Senin, 10 Agustus 2020   Icheiko Ramadhanty
Camat Kalideres Jakarta Barat, Naman Setiawan/ dok Pemkot Jakbar

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Penularan virus corona memang tak pandang bulu. Di lingkup mana pun akan terdampak jika tak menerapkan protokol kesehatan dengan benar. Belum lama ini, Camat Kalideres Jakarta Barat, Naman Setiawan melaporkan adanya klaster penularan corona yang berasal dari klaster rumah tangga.

"Dua minggu lalu, wilayah Kalideres masih dalam zona aman. Tapi, pekan ini muncul klaster rumah tangga. Ada kasus Covid-19 pada zona tersebut. Untuk itu, mari saya minta RT dan RW berperan aktif dalam menanggulangi pencegahan penularan Covid-19," tuturnya dilansir dari barat.jakarta.go.id, Minggu (09/8/2020).

Naman menekan agar RT dan RW untuk selalu menggerakkan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan 3M, yaitu Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, dan Menjaga jarak.

"Saya minta RW mem-breakdown kepada masing-masing RT dan tokoh masyarakat. RT dan tokoh masyarakat pun menyampaikan langsung kepada warganya untuk menerapkan protokol 3M yaitu Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, dan Menjaga Jarak." ucap dia ketika melakukan sosialisasi di Saung Rawa Lele.

AYO BACA : Peningkatan Kasus Covid-19 Didominasi Warga Bekasi yang Tinggal di Jakarta

Dalam pertemuan tersebut, Camat Kalideres juga menyempatkan diri memberikan sosialisasi kepada para pengunjung di Saung Rawa Lele. Mereka diminta untuk menerapkan protokol kesehatan.

Selain melibatkan RT dan RW, Naman mendorong  Forum Komunikasi RW (FKRW) se-Kecamatan Kalideres sebagai wadah untuk bersinergi bersama dengan pemerintah. FKRW, kata Naman, dapat menjadi jembatan atau solusi bila ada suatu permasalahan di wilayah mereka, yang tidak selalu tentang Covid-19.

"RT dan RW adalah sebagai mitra pemerintah. Mereka kepanjangan tangan pemerintah DKI Jakarta sesuai Pergub No.171 Tahun 2016 tentang RT dan RW." ujarnya dalam kegiatan kopdar RW se-Kecamatan Kalideres, di Saung Rawa Lele, Kalideres, Minggu (09/8/2020)

Naman menuturkan keinginannya untuk menjadikan RT dan RW di Kalideres seperti Bali, dimana RT dan RW terlibat dalam pembangunan wilayah. “Kalideres menjadi show window Kota Jakarta dengan destinasi wisatanya. Ini tantangan bagi kita semua, agar wilayah Kalideres terkenal akan kebudayaan Betawi, kerajinannya, kuliner dan sebagainya." jelasnya. 

AYO BACA : Airin Sebut Ada Klaster Penularan Corona di Pondok Pesantren Tangsel

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar