Ketegasan Lurah Mampang Prapatan Perangi Corona, Tak Segan Sanksi Warganya!

  Selasa, 11 Agustus 2020   Fitria Rahmawati
ilustrasi pelanggar protokol kesehatan/ SatpolPP DKI Jakarta

MAMPANG PRAPATAN, AYOJAKARTA.COM - Lurah Mampang Prapatan Jakarta Selatan, Sarwanto, tak segan memberikan sanksi kepada warganya yang melanggar protokol kesehatan terutama dalam hal penggunaan masker. Hal itu dibuktikan dengan memberikan denda kepada 9 orang yang melanggar tak bermasker di wilayahnya sebesar Rp250 ribu. Agar tak dicurangi, ia menahan KTP warga tersebut sebagai jaminan usai membayar denda.

Selain itu, ada juga 13 warga yang tak bermasker menjalankan sanksi sosial membersihkan fasilitas publik dengan menyapu jalanan. Ke-22 warga yang melanggar tersebut adalah hasil dari upayanya menggencarkan razia pelanggar protokol kesehatan di Mampang Prapatan di Jalan Tegal Parang Selatan Satu pada Senin (10/8/2020) kemarin.

Penggencaran operasi pelanggar protokol kesehatan itu bukan tanpa alasan. Di wilayahnya, Sarwanto mengakui adanya peningkatan kasus keterjangkitan covid-19 dari zero case (0) menjadi 8 kasus warga positif Covid-19.

“Dari penambahan yang begitu cepat, untuk itu masyarakat kami imbau untuk disiplin menggunakan masker,” ujar Sarwanto, Senin (10/8/2020).

AYO BACA : Razia Masker Jaring 32 Pelanggar di Kelurahan Cipinang Melayu

Selain itu, Sarwanto juga mengimbau warga untuk tetap menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Dari 22 pelanggar tersebut, diketahui mereka memiliki alasan yang beragam.

Bahkan ada dua wanita yang mengendarai sepeda motor tidak menggunakan masker sama sekali. Baik pengemudinya, maupun penumpangnya. “Ada yang buru-buru mau beli obat jadi lupa, ada juga yang alasannya karena tujuannya dekat sehingga tidak menggunakan masker,” tutur Sarwanto.

Apapun alasan yang diberikan, menurut Sarwanto, petugas tetap mendata dan menindak para pelanggar tersebut.

AYO BACA : Sanksi Progresif Pelanggar PSBB untuk Warga Bandel

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar