Pemerintah Pastikan Vaksin Covid-19 Efektif dan Aman untuk Masyarakat

  Selasa, 11 Agustus 2020   Khoirur Rozi
Ilustrasi (ist)

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM -- Seluruh negara di dunia termasuk Indonesia tengah menanti adanya vaksin Covid-19. Sebagaimana diketahui, saat ini ada sekitar tujuh vaksin dari berbagai negara yang sudah masuk tahap uji klinis.

Ketua Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah Indonesia akan memilih vaksin yang efektif dan aman untuk masyarakat. Oleh sebab itu, pemerintah terus memantau perkembangan uji coba vaksin.

AYO BACA : Pekerja Migran Internasional Penyumbang Kasus Positif Covid-19 di Jakarta

"Yang pasti harus aman dan efektif untuk masyarakat Indonesia. Dan prosesnya selalu diperhatikan oleh pemerintah Indonesia untuk memastikan keamanan dan kefektifan," kata Wiku melalui telekonferensi pers dari Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (11/8/2020).

Pemerintah Indonesia, kata Wiku, tengah mengupayakan ketersediaan vaksin Covid-19 secepat mungkin. Saat ini calon vaksin untuk Indonesian sudah masuk uji klinis tahap 3 oleh perusahaan farmasi Bio Farma.

AYO BACA : Kasus Harian Covid-19 di Jakarta Selalu Melebihi 400 Kasus

"Perlu kami sampaikan bahwa seluruh dunia berlomba untuk bisa melindungi rakyatnya salah satunya dengan vaksin. Maka dari itu pemerintah Indonesia mengupayakan hal tersebut dan pada saat ini Sinovac adalah yang berkonsorsium dengan Bio Farma, adalah pihak yang memiliki kandidat vaksin paling maju," jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini ada tujuh vaksin yang sudah masuk uji coba klinis tahap 3. Ketujuh vaksin itu di antaranya berasal dari perusahaan farmasi Sinovac, kedua dari Wuhan Institute of Biological Product bekerja sama dengan Sinopharm, ketiga dari Beijing Institute of Biological Products yang juga bekerja sama dengan Sinopharm.

Kemudian, dari Pfizer dan BioNTech, kelima dari University of Oxford bekerja sama dengan Astrazeneca, keenam dari Moderna, dan ketujuh dari University of Melbourne dan Murdoch Children Research Institute.

AYO BACA : 300 Jiwa Terdampak Kebakaran Pademangan Barat Berharap Bantuan Pemerintah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar