CARA DAFTAR BLT PEKERJA FORMAL: Ternyata Ini Beberapa Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

  Kamis, 13 Agustus 2020   Aini Tartinia
ilustrasi (dok)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Walaupun banyak orang yang sudah terdaftar dan membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan setiap bulan, ternyata masih ada di antara mereka yang tidak tahu bagaimana cara mengecek saldo mereka sendiri.

Kesimpangsiuran informasi yang tersedia di internet ternyata malah membuat sebagian orang kebingungan.

Padahal, hal ini cukup penting agar kita bisa tahu berapa banyak dana yang berhasil dikumpulkan selama bekerja. Dana inilah yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk hari tua, baik untuk modal usaha atau yang lainnya.

Lalu, bagaimana dengan sobat Ayojakarta? Apakah kalian sudah ngerti bagaimana cara mudah untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan milikmu? Kalau belum, yuk simak info di bawah ini!

1.    Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Website

Ini adalah cara paling sering digunakan oleh para user. Kamu cukup akses website BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan segala informasi yang diinginkan, termasuk saldo yang kamu punya. Berikut caranya:

-       Buka website BPJS Ketenagakerjaan

-       Klik kategori layanan peserta di bagian atas kanan, lalu klik di bagian tenaga kerja

-       Setelah pop-up muncul, klik BPJSTKU

-       Buat akun terlebih dahulu dengna klik ‘daftar pengguna’ lalu login menggunakan akun yang sudah kamu buat

-       Saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu sudah bisa dilihat

2.    Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via SMS

Cara kedua ini untuk kalian yang tidak punya akses ke situs BPJS Ketenagakerjaan, jangan cemas, kamu juga bisa cek lewat SMS langsung dari ponsel kesayangan. Cukup kirim 1 SMS, maka kamu cuman tingal nunggu balasan dari nomor BPJS Ketenagakerjaan terkait saldo. Begini langkahnya:

-       Daftarkan diri untuk menggunakan layanan SMS dengan kirim pesan berformat:

DAFTAR SALDO #Nomor KTP #Tanggal Lahir (DD-MM-YYY) #Nomor Peserta #Email (jika ada). Kemudian kirimkan ke 2725.

-       Jika sudah terdaftar, nah kalian bisa kirim pesan untuk cari tahu berapa banyak tuh saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan cara ketik SALDO Nomor Peserta lalu kirim ke 2757.

3.    Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Aplikasi BPJSTKU

Nah, untuk yang satu ini caranya juga tidak kalah mudah, lho! Bagi kalian yang punya ponsel pintar, aplikasi ini bisa kamu unduh di Google Playstore atau iOS App Store. Setelah sukses diunduh dan ter-install, kalian langsung bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan kapan pun dan di mana pun hanya dengan 1 aplikasi.

Seperti ini langkah-langkahnya:

-       Install aplikasi BPJSTKU Mobile di playstore atau Appstore

-       Jika belum punya akun, daftarkan diri kalian terlebih dahulu atau bisa juga langsung login dengan akun Gmail

-       Setelah kode verifikasi dikirim ke email kalian, langsung masukkan kode tersebut

-       Masukkan PIN aktivasi dari email kalian

-       Masukkan PIN untuk masuk ke akun

-       Masukkan nama sesuai KTP

-       Masukkan tanggal lahir

-       Masukkan KTP

-       Masukkan nomor KJP atau kepersetaan BPJS Ketenagakerjaan

-       Masukkan nomor ponsel kalian

-       Layanan cek saldo via BPJSTKU sudah bisa kalian gunakan kapan pun

4.    Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara ini memang sepertinya ketinggalan jaman jika dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya, tapi faktanya cara ini masih jadi andalan beberapa orang, lho.

Faktor tak punya akses internet, ponsel pintar dan kebingungan peserta menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang lebih pilih datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Kalian cukup temui petugas yang bertugas di kantor BPJS Ketenagakerjaan, tunjukkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan milik kalian lalu minta ia mengecek saldo di dalam akunmu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menjanjikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk pekerja formal atau subsidi upah sebesar Rp600 per bulan selama empat bulan cair dalam satu atau dua pekan mendatang.

“Untuk yang masih bekerja juga akan diberikan bantuan, tapi ya ikut dalam BPJS Ketenagakerjaan. Insya Allah dalam seminggu dua minggu ini sudah akan keluar,” ungkap Presiden Jokowi ketika meninjau Pos Komando Penangangan Covid-19 Jawa Barati di Kodam Siliwangi III/Siliwangi, Selasa (11 Agustus 2020).

BLT untuk pekerja formal mempersyaratkan penerima bantuan adalah mereka yang tercatat sebagai peserta aktif di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Pemerintah memang menggunakan data lembaga yang kini disebut BP Jamsostek itu sebagai dasar pemberian bantuan subsidi agar tepat dan cepat sasaran.

Ketentuan lain adalah penerima BLT memiliki gaji di bawah Rp5 juta per bulan atau iuran BP Jamsostek Rp150 ribu per bulan. Penerima BLT pekerja formal juga bukan merupakan aparatur sipil negara (ASN), dulu dikenal dengan sebutan pegawai negeri sipil (PNS), dan tidak bekerja badan usaha milik negara (BUMN).

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar