Percepat Tes Covid-19, Pemprov DKI Sediakan Laboratorium Keliling

  Selasa, 01 September 2020   Khoirur Rozi
ilustrasi tes massal corona/ Ayosemarang

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM - Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi DKI Jakarta menyediakan mobil laboratorium atau Mobile Lab untuk percepatan tes Covid-19. Mobil ini mampu melakukan pemeriksaan dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

Pengadaan Mobile Lab merupakan hasil kolaborasi antara Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Labkesda, dan Human Initiative dan Agile innovation (Ai) Labs.

AYO BACA : Bus Sekolah DKI Jakarta, Jadi Armada Multifungsi bagi Evakuasi 1.009 Pasien Covid-19

Kepala Labkesda DKI Jakarta, Endra Muryanto mengatakan, Mobile Lab ini berkapasitas pemeriksaan 300 sampel perhari. Begitu sampel diambil, katanya, akan langsung diperiksa di dalam Mobile Lab.

"Kemudian di Mobile Lab ini akan ada proses mix PCR, dan ekstraksi sampel yang di ruangannya pun sudah negative pressure," kata Endra, Selasa (1/9/2020).

AYO BACA : 8 dari 22 Positif Covid-19 Karyawan Bridgestone Bekasi Dirawat di RS

Saat ini sudah ada tiga Mobile Lab yang siap beroperasi pada pekan terakhir September 2020. Endra berharap, hadirnya mobil laboratorium tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan tes Covid-19 di DKI Jakarta.

Adapun perihal lokasi, jadwal keliling mobil, serta persyaratan bagi warga yang akan melakukan pemeriksaan di Mobile Lab tersebut akan diinformasikan setelah mobil ini telah memenuhi syarat uji laboratorium.

Sementara itu, Senior General Manager Project Manajemen Human Initiative, Ferry Suranto menambahkan, kesiapan Mobile Lab telah mencapai 80 persen. Semua peralatan laboratorium audah disesuaikan dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ditentukan dan membantu menghadirkan laboratorium pendamping di DKI Jakarta.

"Mobile Lab ini nanti fungsinya seperti laboratorium keliling, untuk menjangkau tempat-tempat yang ditemukan kasus lebih banyak. Sehingga dapat mendukung dari laboratorium yang sudah ada. Jadi ketika ditemukan kasus dan memang penyebaran orangnya ada disana, kita akan datangi wilayah-wilayah yang berpotensi kasus baru tersebut," ujarnya.

AYO BACA : Warga Positif Covid-19 Jakarta Bakal Dilarang Isolasi Mandiri

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar