Pembuat Ganja Gorila Likuid Ditangkap Polres Jakpus

  Kamis, 03 September 2020   Budi Cahyono
[ilustrasi] Pembuat ganja gorila dalam bentuk likuid atau cair ditangkap Polres Jakarta Pusat. (dok)

KEMAYORAN, AYOJAKARTA.COM – Seorang pemuda berinisial F (21), ditangkap Kepolisian Resor (Polres) Jakarta Pusat karena terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

F diketahui membuat ganja gorilla dalam bentuk likuid atau cair di kawasan Jati Asih, Bekasi. Penangkapan tersebut dilakukan atas informasi dari aparat yang mencurigai adanya paket berupa narkoba.

Kanit II Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat Iptu Dewa Ayu Santi mengatakan, pelaku ditangkap bersama dengan barang bukti berupa sejumlah alat produksi likuid tembakau gorilla.

AYO BACA : Awas, Efek Narkoba Sintetis Lebih Berbahaya

“Alat produksi dan bahan baku berupa serbuk yang kami amankan. Ada juga cairan tembakau gorilla,” ujar Santi di Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Dia menjelaskan, F telah meracik likuid narkoba tersebut selama tiga bulan. Santi menyebut pelaku belajar membuat barang haram itu secara autodidak.

“Dia belajar sendiri meraciknya. Ngakunya sudah tiga bulan,” ungkap Santi.

AYO BACA : Ekstasi dan Tembakau Gorila Jadi Barang Bukti Penangkapan Jerry Aurum

Sementara itu terkait dengan pemasarannya, F menjualnya melalui media sosial seperti Instagram. Dia menjual dengan cara membuat sejumlah akun yang dikelolanya sendiri.

F diketahui memproduksi sebanyak 150 sampai 200 botol per pekannya. Harga jual per botolnya ratusan ribu. “Seminggu 150 sampai 200 botol ukuran 5 mili. Sekitar Rp300 ribu sampai Rp400 ribu dia jual,” jelas Santi.

Santi menuturkan, likuid tersebut memiliki efek yang parah dibandingkan dengan ganja biasa karena sintesis. Jenis narkotika itu bisa menyebabkan kematian jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dia menambahkan, pihaknya juga memburu kemungkinan adanya pelaku lainnya terkait kasus tersebut. F dijerat Pasal 114 Pasal 113 dan Permenkes Nomor 5 Tahun 2020 Pasal 119 dengan ancaman hukuman paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun.

AYO BACA : Polres Jakbar Gagalkan Peredaran Sabu-Sabu Jaringan Internasional

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar