BLT ATAU BSU PEKERJA FORMAL TAHAP 2: Horee.. Cek Rekening BCA Kalian Sekarang! Dana Subsidi Upah Sudah Ada yang Cair

  Kamis, 03 September 2020   Aini Tartinia
Ilustrasi (Republika)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Ditunggu-tunggu dari tahap pertama kemarin, akhirnya calon penerima yang memiliki rekening di Bank BCA telah menerima bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) bagi pekerja bergaji di bawah Rp5 juta. Cairnya bantuan lewat Bank BCA menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pekerja yang selama ini menabung di bank tersebut.

Sebelumnya, di tahap pertama BCA tak kunjung ada penyaluran dana subsidi upah sebesar Rp600 ribu per bulan itu. Namun, ternyata penyaluran BSU atau BLT tersebut baru masuk di tahap kedua.

Berdasarkan pantauan Ayojakarta, terkait dengan penyaluran program subsidi upah pekerja formal dengan gaji di bawah Rp5 juta, Bank BCA banyak dipertanyakan di media sosial (medsos). Misalnya, kapan BLT dapat disalurkan melalui BCA.

Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengunggah video penyaluran BSU atau BLT tahap kedua pada Selasa, 1 September 2020. Dalam video berjudul SUBSIDI GAJI/UPAH TAHAP II SEGERA CAIR tersebut, Kemnaker menjawab kerisauan masyarakat terhadap program subsidi upah pekerja gaji di bawah Rp5 juta termasuk yang memiliki rekening BCA.

“Program subsidi upah tahap pertama sudah 2,5 juta. Hari ini kami terima data untuk tahap kedua yakni sebesar 3 juta. Prosesnya masih sama, setelah kami terima data dari BPJamsotek, kemudian dicek dan ricek. Setelah selesai, kami serahkan ke kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN) dan dari sana langsung digelontorkan ke bank Himbara sebagai penyalur untuk ditransfer ke masing-masing rekening pekerja,” ujar Menaker Ida.

Kolom komentar unggahan video Kemnaker itu pun akhirnya ramai dibanjiri komentar netizen terkait waktu penyaluran subsidi upah di bank swasta tersebut:

AYO BACA : Subsidi Upah Atau BLT Pekerja Formal Hanya Sampai Desember, Bisa Lanjut Asal…

 “Alhamdulillah, BCA sdh cair guys. Padahal siang dicek blom ada. Iseng abis isya ngecek LG udh masuk," tulis akun Instagram @yatidesy.

"Alhamdulillah BCA cair????," tulis akun instagram @firmanariek.

"Alhamdulillah terima kasih pemerintah???????? subsidi gaji sudah cair.. lumayan buat tambahan modal jualan," tulis akun instagram @jasmine.arie28.

Tak hanya ramai di Instagram, hal tersebut diperkuat lagi kesaksian seorang pekerja, penerima BLT Rp600 ribu yang menggunakan rekening bank BCA. Akun itu memposting hasil tangkapan layar mutasi transfer miliknya ke media sosial Twitter.

Sementara itu, akun Twitter @P_Sulaksana mengaku BSU atau BLT sudah masuk ke rekening BCA miliknya pada 31 Agustus 2020. “BLT BPJamsostek rekening BCA udah cair nih, kira-kira siapa yang sudah cair juga?” 

Komentar netizen berlanjut dari akun @caelumblve masih pada hari yang sama, “Saya juga udah cair, setelah melihat tweet ini jam 4 tadi lgsg cek, ternyata udah juga. Yang belom cair sabar aja, besok trf tahap kedua, yang bank swasta pake sistem LLG, cairnya 1 hingga 2 hari setelah ditransfer, pasti cair kok kalau sudah valid,” ujarnya.

AYO BACA : BLT Pekerja Formal: BP Jamsostek Tunggu Nomor Rekening Sampai 15 September, Hati-hati Penipuan

Meskipun begitu, ia juga menambahkan bahwa pencairan dana BSU atau BLT tersebut tidak dilakukan secara bersamaan.

@P_sulaksana juga kemudian memposting “Meskipun sama2 dapet dalam satu kantor, gag barengan cairnya, di kantorku baru 2 dari 9 orang yg cair” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Penaganan Covid-19 dan Pemulihan Eknomi Nasional (PCPEN) Erick Thohir mengatakan pemerintah membuka peluang bakal memperpanjang BSU atau BLT hingga tahun depan.

“Kami berharap jika program ini berjalan dengan baik, bisa diteruskan. Namun, sekarang ini keputusannya program hanya bisa berjalan sampai Desember 2020,” kata Erick dalam konferensi pers virtual, Rabu (2/9/2020).

Untuk tahap pertama penerima BSU atau BLT ditransferkan dana sebesar Rp1,2 juta untuk bantuan subsidi upah pada September dan Oktober 2020. Tahap kedua, penerima bantuan diberikan dana sebesar Rp1,2 juta untuk bantuan subsidi upah pada November dan Desember 2020.

“Jadi, terus kita tingkatkan dan tentu sisanya yang Rp1,2 juta akan dibayarkan Oktober akhir atau November awal,” kata Menteri BUMN itu.

Selain membantu para pekerja yang terdampak penghasilannya karena peliknya efek virus Corona yang melanda sektor ekonomi, Erick berharap bantuan dari pemerintah ini juga dapat mendorong daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

AYO BACA : PENCAIRAN BLT ATAU BSU PEKERJA FORMAL: Subsidi Upah Baru Disalurkan ke 1,9 Juta Rekening, Apa Saja Kendalanya?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar