--> -->

Bogor Zona Merah, Satgas Pusat Bantu Penanggulangan Covid-19

  Jumat, 04 September 2020   Husnul Khatimah
Sekretaris Dinkes Kota Bogor Erna Nuraena (Ayobogor/Husnul Khatimah)

BOGOR TENGAH, AYOJAKARTA.COM -- Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan sebanyak 32 orang relawan Satgas Penanganan Covid-19 pusat akan segera bergabung dengan tim satgas Penanggulangan Covid-19 Kota Bogor. 

"Bergabungnya teman-teman relawan akan sangat membantu, karena kami butuh penguatan. Nanti tinggal ditentukan mau fokus kemana, ke unit lacak, unit pantau atau edukasi AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru)," ujar Bima Arya, Kamis (3/9/2020).

AYO BACA : Pasien Covid-19 Kabupaten Bogor Tembus 880

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bogor, Erna Nuraena mengatakan, sesuai arahan Wali Kota Bogor, 32 relawan ini akan bergabung ke tiga tim kelompok kegiatan sesuai dengan latar belakang keahlian. 

Ada kelompok kegiatan edukasi AKB, Tim Lacak dan Tim Pantau. Kelompok edukasi terdiri dari semua OPD yang bergerak setiap hari dibantu unsur relawan organisasi profesi, pemuda, PKK.

AYO BACA : Zona Merah RW Covid-19 Kota Bogor Bertambah Jadi 116

Ia menjelaskan, tugas Tim Lacak yakni men-tracking dan tracing pasien terkonfirmasi positif bertemu siapa saja dan pergi kemana saja. Hal ini untuk mengidentifikasi kontak erat sehingga bisa diikutkan tes dan dilakukan karantina. Sementara tugas Tim Pantau yakni memantau pasien terkonfirmasi positif apakah pasien dirawat di RS atau cukup dirawat di rumah saja. 

"Tim lacak itu di satu kecamatan 5 orang, di satu kelurahan 5 orang jadi kalau ditotal ada sekitar 370 orang. Kalau tim pantau satu orang per RW jadi ada sekitar 797 orang," ujar Erna.

Wakil Tim Koordinator Relawan Satgas Penanganan Covid-19 Pusat Rhaka Yoga Anggara mengatakan, sebagai relawan dari pusat, pihaknya harus berkoordinasi dengan Pemkot Bogor bisa membantu di tiga kelompok kegiatan mana.

Mengingat para relawan berasal dari latar belakang berbeda, pihaknya akan lebih dulu memetakan keahlian relawan agar bisa ditempatkan di kelompok kegiatan yang sesuai.

"Harapan kami bisa cepat turun bergerak Covid-19 segera berakhir dan normal kembali," harap Rhaka.

AYO BACA : 50 Kelurahan di Kota Bogor Zona Merah Covid-19

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar