Kabupaten Bogor Klaim Hanya 4 Desa Masuk Kategori Tertinggal Tahun Ini

  Selasa, 08 September 2020   Husnul Khatimah
Bupati Bogor Ade Yasin/ instagram

KABUPATEN BOGOR, AYOJAKARTA.COM - Bupati Bogor, Ade Yasin mengklaim di wilayahnya hanya ada empat desa yang masuk kategori sebagai desa tertinggal tahun ini. Di Kabupaten Bogor sendiri secara administrasi terdapat 410 desa dengan 16 kelurahan.

Ade mengatakan, pada 2019 terdapat 45 desa yang sempat masuk dalam kategori sebagai desa tertinggal. Ia menargetkan pada 2021 tak akan ada lagi desa yang berstatus sebagai desa tertinggal.

“Pada tahun 2019 Kabupaten Bogor masih memiliki 45 desa tertinggal, tahun ini jumlahnya tinggal empat desa lagi. Kita Pemerintah Kabupaten Bogor terus berupaya agar tidak ada lagi desa tertinggal di wilayah kami," ujar Ade, Selasa (8/9/2020).

AYO BACA : Bima Arya Klaim Aturan Jam Malam Efektif Turunkan Angka Corona

Ade mengatakan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan status 45 desa dengan kategori tertinggal menjadi desa berkembang. Peningkatan difokuskan pada Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahan Lingkungan atau Ekologi (IKE).

"Agar tidak ada lagi desa tertinggal di wilayah kami, perlu penanganan atau keterlibatan dinas-dinas terkait, seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan lain-lain. Semoga akhir tahun ini juga bisa tuntas,” kata Ade Yasin.

Berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) 2019 yang ditetapkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ada lima kategori desa yakni sangat tertinggal, tertinggal, berkembang, maju dan madiri. Untuk di Kabupaten Bogor tidak ada desa dengan kategori sangat tertinggal.

AYO BACA : 16 Pasien Covid-19 di Kabupaten Bogor Sembuh dalam Sehari

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar