--> -->

JAKARTA PSBB KETAT: Ini Rute, Jam Operasional, dan Layanan KRL, Transjakarta, MRT, dan LRT 14 September

  Senin, 14 September 2020   Eries Adlin
Moda transporasti seperti KRL, MRT, Transjakarta, dan LRT Jakarta melakukan penyesuaian terkait dengan kebijakan PSBB ketat di Jakarta yang mulai berlaku Senin, 14 September 2020 (ilustrasi)/krl.co.id

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Gubernur DKI Jakarta DKI Jakarta Anies Baswedan resmi merilis Peraturan Gubernur No.88 tahun 2020 yang mulai berlaku Senin 14 September 2020. Lalu bagaimana moda transportasi di Ibu Kota seperti KRL, Transjakarta, MRT dan LRT menyesuaikan rute, jam operasional dan layanan dengan beleid yang mengembalikan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat di Jakarta?

Berikut ini beberapa penyesuaian rute, jam operasional, dan layanan dari Transjakarta, kereta rel listrik (KRL/commuter line), mass rapid transit (MRT), dan light rail transit (LRT) Jakarta mulai Senin 14 September 2020 menyusul pemberlakukan PSBB ketat di Jakarta:

JADWAL KRL

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melakukan penyesuaian jadwal operasional Kereta Rel Listrik (KRL) lintas Jabodetabek jelang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI Jakarta mulai Senin 14 September.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba menjelaskan bahwa KRL akan beroperasi pada pukul 04:00 – 21:00 WIB. Sementara di masa normal sebelum pandemi, KRL beroperasi pukul 04:00 – 24:00 WIB.

“Jam operasi ini nantinya juga akan dievaluasi kembali dengan mempertimbangkan kondisi pengguna di masa PSBB,” kata Anne dalam keterangan resminya, Minggu (13 September 2020).

AYO BACA : KOPI SUSU CING ABDEL: Di Balik Lelaki Sukses, Ada…?

Selain itu, aturan tambahan di KRL selama masa PSBB juga tetap berlaku. Aturan-aturan tambahan ini yaitu bagi orang lanjut usia atau berusia 60 tahun ke atas, tiap harinya hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk yaitu pukul 10:00 hingga 14:00 WIB.

Para pengguna yang membawa barang sesuai ketentuan namun ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL juga hanya dapat naik di luar jam sibuk. Sedangkan anak balita untuk sementara masih dilarang untuk naik KRL. “Aturan ini penting untuk selalu diikuti demi kesehatan bersama.”

Lebih jauh, PT KCI meyakini penerapan kembali PSBB di wilayah DKI Jakarta dapat diikuti para pengguna KRL dengan lebih baik sejalan fasilitas layanan yang semakin tersedia dan masyarakat yang terbiasa mengikuti protokol kesehatan.

Adapun seluruh stasiun KRL yang berjumlah 80, kini telah dilengkapi wastafel tambahan untuk memudahkan pengguna mencuci tangan sebelum dan setelah naik KRL. “Di stasiun dan KRL juga tersedia marka jaga jarak sebagai pedoman posisi pengguna untuk duduk maupun berdiri.”

LAYANAN TRANSJAKARTA

Berkitan dengan penerapan kembali PSBB ketat di Jakarta, Transjakarta masih melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk pelaksanaan pola operasi yang disesuaikan.

AYO BACA : Cara Mudah Mencairkan Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan via Lapak Asik Online

Untuk itu, selama Senin (14 September 2020) hingga Rabu (16 September), pola operasi yang diterapkan masih sama seperti pola operasi minggu sebelumnya dan tidak terdapat perubahan. Namun, untuk rute wisata mulai besok kembali ditiadakan mengingat arahan Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk menutup tempat-tempat wisata selama masa PSBB fase II.

“Perubahan terhadap pola operasi akan kembali kami informasikan apabila sudah terdapat keputusan koordinasi dalam waktu dekat.” Demikian informasi yang disampaikan manajemen Transjakarta di laman resmi mereka, transjakarta.co.id, Minggu 13 September 2020.

JAM OPERASIONAL MRT JAKARTA

Pada Senin 14 Septembber, MRT Jakarta beroperasi mulai pukul 05.00 sampai dengan 22.00 WIB seperti dilansir media sosial pengelola moda transportasi tersebut antara lain akun Twitter @mrtjakarta.

Selamat pagi #TemanMRT, semoga tetap semangat menjalani aktivitas di rumah ya. Bagi Teman MRT yang hari ini masih harus berpergian, MRT Jakarta beroperasi hari ini dari pukul 05.00 sampai dengan 22.00 WIB MRTJakarta.

#INFO: Besok, 14 September 2020 MRT Jakarta beroperasi pukul 05.00-22.00 selang 5 menit di jam sibuk dan 10 menit di jam normal. Kebijakan ini dibuat demi mendukung kegiatan-kegiatan esensial yg masih berjalan.

JAM OPERASIONAL LRT JAKARTA

Moda transportasi kereta ringan LRT beroperasi sejak pukul 05.30 hingga 21.00 WIB dengan headway selama 10 menit. Jumlah penumpang akan dibatasi 30 orang per kereta.

AYO BACA : Teruntuk Murid di Jakarta, Kalian Masih Harus Belajar dari Rumah Dulu Ya...

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar