>

JAKARTA PSBB KETAT: Penuhi Syarat Ini Jika Ingin Terbang Keluar-Masuk Jakarta

  Senin, 14 September 2020   Aini Tartinia
ilustrasi naik pesawat saat pandemi corona/ Shutterstock

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pemberlakuan pengetatan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta mulai berlaku hari ini. Bagaimana untuk para pengguna moda transportasi udara yang ingin terbang keluar—masuk Jakarta?

PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan operasional Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma siap mendukung pemberlakuan PSBB pengeteatan. Saat dulu DKI Jakarta memberlakukan PSBB dan PSBB Transisi, kedua bandara itu melakukan sejumlah penyesuaian layanan serta operasional.

Director of Operation and Service PT Angkasa Pura II, Muhamad Wasid, mengatakan saat ini operasional kedua bandara merujuk ke sejumlah regulasi yang sejalan dengan PSBB.

“Regulasi yang berlaku ketika DKI Jakarta memberlakukan PSBB yang pertama kemudian berlanjut PSBB Transisi antara lain Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 9/2020, Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 41/2020 dan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 13/2020,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Ayojakarta, Minggu (13/9/2020).

Kalian yang memilih terbang keluar—masuk Jakarta, berikut ini ketentuan yang harus dilakukan calon penumpang untuk bepergian di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma saat pengetatan PSBB DKI Jakarta :

Pertama, wajib memakai masker di bandara dan saat terbang dengan pesawat

Kedua, wajib menerapkan physical distancing

Ketiga, traveler rute domestik wajib menunjukkan identitas diri seperti KTP, tiket penerbangan, dan surat hasil rapid test/PCR test yang berlaku 14 hari pada saat keberangkatan

Keempat, mengisi health alert card (HAC) secara online atau formulir kertas

AYO BACA : JAKARTA PSBB KETAT: Kantor Kalian Langgar Aturan? Laporin Aja Ke Sini...

Kelima, traveler yang tiba dari luar negeri menunjukkan surat hasil PCR Test dari negara keberangkatan. Bila tidak membawa surat tersebut, dilakukan PCR Test saat tiba dan yang bersangkutan akan dikarantina sambil menunggu hasil tes keluar

Keenam, traveler juga akan melalui pos pemeriksaan suhu tubuh, lalu security check point (SCP) dan melakukan pelaporan di meja check in maskapai.

Aturan tak hanya diterbitkan untuk calon penumpang yang hendak terbang, tetapi maskapai juga harus memperhatikan regulasi pengetatan PSBB DKI Jakarta dengan melakukan :

1. Memastikan calon pembeli tiket penerbangan dapat memenuhi dokumen kesehatan yang dibutuhkan

2. Memverifikasi dokumen kesehatan/surat hasil rapid test atau PCR test sebelum penerbangan

3. Memastikan jumlah penumpang maksimal 70% dari kapasitas pesawat

4. Memastikan adanya physical distancing di area baggage claim

5. Melakukan disinfeksi di kabin pesawat

6. Staf maskapai termasuk kabin kru menggunakan APD seperti misalnya masker

AYO BACA : JAKARTA PSBB KETAT: Anggota DPRD Harap Tak Ada Lagi Pelonggaran atau Sekadar Sanksi Sosial

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar