>

Belum Lengkap, Berkas Perkara John Kei Dikembalikan

  Selasa, 15 September 2020   Fitria Rahmawati
Tersangka John Kei saat mengikuti gelar perkara kasus premanisme yang dilakukan kelompoknya / Republika

KUNINGAN TIMUR, AYOJAKARTA.COM - Berkas perkara kasus premanisme yang dilakukan kelompok John Kei dikembalikan pihak Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta kepada Polda Metro Jaya lantaran dinyatakan belum lengkap. Masih ada syarat formil dan materil yang harus dilengkapi pihak Polda.

\"Pengembalian berkas tersebut dilakukan, dikarenakan setelah tim Jaksa Peneliti melakukan penelitian terhadap berkas perkara a quo, tim menemukan adanya kekurangan syarat formil dan materiil yang perlu dilengkapi pihak Penyidik,\" kata Kasipenkum Kejati DKI Jakarta, Nirwan Nawawi, Selasa (15/9/2020).

Pengembalian berkas itu, lanjut Nirwan, merujuk pada Pasal 138 ayat (2) KUHAPl. Isinya, dalam hal hasil penyidikan ternyata belum lengkap, Penuntut Umum mengembalikan berkas perkara kepada Penyidik.

\"Disertai petunjuk tentang hal yang harus dilakukan untuk dilengkapi,\" sambung dia.

Nirwan melanjutkan, pihaknya kini masih mengurus ihwal kelengkapan formil maupun materil terkait berkas perkara tersebut.

AYO BACA : Kasus Premanisme John Kei Dilimpahkan Kejaksaan

\"Sampai hari ini, pihak Penyidik masih melengkapi kelengkapan formil maupun materiil sebagaimana petunjuk sebelumnya yang disusun dari hasil penelitian tim Jaksa Peneliti,\" beber Nirwan.

Terpisah, Polda Metro Jaya membenarkan jika berkas perkara tahap I tersangka John Kei dikembalikan karena dinyatakan belum lengkap (P19).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengungkapkan saat ini, penyidik sudah melengkapi berkas perkara tersebut dan sudah mengirim kembali Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta untuk kembali diteliti.

\"Memang tanggal 10 yang laku ada kekurangan sedikit dalam berkas perkara saat kita menyerahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU). Ada kekurangan dan itu sudah dilengkapi, setelah itu sudah kita pulangkan lagi,\" kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa.

Saat ini, kata Yusri, penyidik Polda Metro Jaya masih menunggu hasil penelitian tim dari Kejati DKI dan berharap berkas perkara itu dinyatakan lengkap (P21) untuk segera mengirim tersangka dan barang bukti untuk disidangkan.

\"Mudah-mudahan secepatnya P21 untuk bisa tahap 2 penyerahan tersangka dan juga barang bukti serta berkas perkaranya,\" jelasnya.

AYO BACA : Temuan Baru Kasus John Kei, Anak Buah Diupah Rp 10 Juta untuk Bunuh Nus Kei

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar