Penelitian Terbaru, Jintan Bisa Turunkan Berat Badan dan Menyehatkan Jantung

  Rabu, 16 September 2020   Budi Cahyono
Studi menemukan jintan yang dicampur dengan yoghurt bisa turunkan berat badan (Foto: ilustrasi jintan hitam) Foto: Needpix

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Dalam penelitian terbaru mengungkapkan, bubuk jintan dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan lemak tubuh, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Sebuah studi pada 2016 terhadap 88 perempuan yang kelebihan berat badan menunjukkan, camilan yoghurt yang mengandung tiga gram bubuk jintan dapat menurunkan berat badan dan mengurangi kadar kolesterol.

AYO BACA : Studi Sebut Olahraga Tak Bisa Redakan Stres di Masa Pandemi

Jintan mungkin secara tidak langsung membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan kinerja pencernaan secara keseluruhan. Penelitian lainnya menunjukkan, jintan juga kaya akan thymoquinone, bahan kimia unik dan alami yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

"Kadar thymoquinone pada jintan dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga menurunkan kadar gula darah," ujar Penasihat Medis Supplements101, Lina Velikova, melansir shefinds, Rabu (15/9/2020).

AYO BACA : Rambutmu Penuh Ketombe? Masker Rambut Pisang jadi Solusinya

Meskipun jintan tidak mengurangi lemak dari bagian tubuh tertentu, jintan membantu mengurangi radang usus. Hal ini dapat membuat perut terlihat lebih ramping.

Memanfaatkan jintan untuk menurunkan berat badan cukup mudah. Campurkan jintan saat menyantap yoghurt. Menu ini memang tidak menggugah selera, tetapi bisa turunkan berat badan.

Atau, bisa pula mengonsumsi teh jintan sebagai campuran herbal tradisional. Jintan dapat membantu mengurangi masalah kembung dan pencernaan, sekaligus menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Cukup rendam dua sendok teh biji jintan dalam air mendidih, saring bijinya dan minum air yang telah diinfuskan dengan minyak dan ekstrak jintan. Untuk hasil terbaik, nikmati dua kali sehari dalam keadaan perut kosong. Kemudian, bisa juga menambahkan beberapa sendok teh jintan bubuk ke dalam resep sayuran favorit atau makanan lain karena rasanya tidak akan terlalu mencolok.

AYO BACA : Bosan dengan Susu Sapi, Ini Varian Susu yang Wajib Dicoba

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar