Buron 3 Tahun, Kejagung Tangkap Heintje Abraham Toisuta

  Rabu, 16 September 2020   Budi Cahyono
Ilustrasi

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM --  Pelarian terpidana kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), Heintje Abraham Toisuta, berhasil dihentikan. Kejaksaan Agung RI meringkus buronan 3 tahun itu di kediamannya di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (15/9/2020), sekitar pukul 19.20 WIB.

Heintje merupakan terpidana terkait perkara pembelian lahan dan bangunan bagi pembukaan kantor cabang Bank Maluku dan Maluku Utara di Surabaya sehingga merugikan negara Rp7,6 miliar.

AYO BACA : Setelah Buron, Akhirnya Eks Dirut TransJakarta Ditangkap Tim Kejaksaan

Heintje telah buron selama kurang lebih tiga tahun setelah kasus yang menjerat dirinya terungkap.

Heintje dinyatakan bersalah oleh Mahkamah Agung berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI. Nomor : 2282 K/Pid.Sus/2017 tertanggal 21 November 2017.

AYO BACA : Kejati DKI Tangkap Buronan Korupsi PLN Batubara

Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI, Hari Setiyono mengatakan, Heintje diringkus di kediamannya di kawasan Jakarta Pusat sekitar pukul 19.20 WIB.

Tak ada perlawanan dari Heintje saat penangkapan terjadi.

"Tanpa perlawanan dan rencananya akan segera diterbangkan ke Ambon untuk dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Ambon," kata Hari dalam keterangannya, Rabu (16/9/2020).

Atas perbuatannya, Heintje dihukum penjara selama 12 tahun penjara dan membayar denda Rp800 juta subsidair tujuh bulan kurungan serta membayar uang pengganti sebesar Rp7,2 miliar subsidair empat tahun penjara.

"Penangkapan buronan merupakan pelaku kejahatan yang ke-72 di tahun 2020 dari semua buronan yang berhasil diamankan," imbuh Hari.

AYO BACA : Diduga Korupsi Pembangunan Gedung Kuliah, Rektor UIN Sumut Jadi Tersangka

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar