JAKARTA PSBB KETAT: Terpapar Covid-19 Tanpa Gejala? Jangan Isolasi Mandiri, Ikuti Langkah Pemprov DKI Ini

  Rabu, 16 September 2020   Aini Tartinia
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (dok Humas Pemprov DKI)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Munculnya penularan Covid-19 di berbagai klaster tentunya membuat masyarakat khawatir. Sebelumnya, ada klaster perkantoran, saat ini ditambah klaster rumah tangga semakin berbahaya.

Disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam telekonferensi pers Minggu, 13 September lalu, untuk mencegah klaster keluarga di Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal melakukan sejumlah langkah. Ia menyebut pasien positif Covid-19 yang tidak bergejala sama sekali (OTG) tak boleh melakukan isolasi di rumah pribadi.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, menyebut pasien Covid-19 tanpa gejala akan diarahkan untuk menempati Tower 4 dan 5 Wisma Atlet yang saat ini sedang dalam persiapan.

Bagaimana ketentuannya? Berikut Ayojakarta rangkum informasi lengkapnya dari akun Twitter @DKIJakarta :

“Apa yang harus dilakukan saat terpapar Covid-19? Cegah penularan klaster rumah dengan lakukan isolasi di sarana yang sudah disiapkan Pemprov DKI Jakarta, sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) No.88 Tahun 2020,”

AYO BACA : JAKARTA PSBB KETAT: Anies Sebut Isolasi Mandiri Dilarang, Ini Lokasi Karantina di DKI Jakarta

Pertama, setiap masyarakat wajib mengikuti testing (sesuai kapasitas dan dilakukan secara random sampling) yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan.

Kedua, isolasi mandiri di rumah dihindari untuk mencegah penularan klaster rumah atau keluarga.

Ketiga, bila kasus positif menolak isolasi di tempat yang ditentukan, akan dilakukan penjemputan oleh petugas kesehatan bersama TNI dan Polri.

Keempat, kasus positif tanpa gejala wajib diisolasi di tempat yang ditunjuk oleh Gugus Tugas.

Nah, masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala (OTG) bakal ditempatkan di sarana isolasi terkendali, berikut beberapa lokasinya :

AYO BACA : JAKARTA PSBB KETAT: 10 Perusahaan Ditutup Sementara Karena Covid-19, 4 di Antaranya Kena Sanksi

-       Fasilitas Isolasi Mandiri kemayoran

-       Hotel, penginapan, atau wisma.

-       Tempat lain yang ditunjuk oleh Gugus Tugas.

Oh ya, perlu kalian ketahui bahwa Dinas Kesehatan melalui Puskesmas setempat di wilayah DKI Jakarta bakal terus melakukan active case finding kepada masyarakat, lho.

Jadi, jika kalian tak ingin terpapar Covid-19 bahkan menjadi orang tanpa gejala, patuhi dan jadikan kebiasaan baru protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Masih membandel melanggar protokol kesehatan yang telah ditetapkan tersebut? Bersiap-siap bakal ada sanksi pelanggaran.

Pengawasan dan penindakan tegas dalam operasi protokol kesehatan ini dilakukan Pemprov DKI Jakarta dengan menggandeng TNI dan Polri.

AYO BACA : JAKARTA PSBB KETAT: Polisi Sebut Belum Ada Penyekatan Jalan Antara Jabar - Jakarta, Ini Alasannya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar