Jakpus Siapkan 15 Hotel untuk Pasien Covid-19 Tanpa Gejala

  Kamis, 17 September 2020   Budi Cahyono
[ Ilustrasi] 15 Hotel di Jakpus Siap Tangani Pasien Covid-19 tanpa Gejala. Foto: Republika/Thoudy Bada

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Pemerintah Jakarta Pusat mengabarkan 15 hotel bintang dua dan tiga tengah dipersiapkan untuk tempat isolasi pasien Covid-19 dengan kategori orang tanpa gejala (OTG).

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan, sudah menerima laporan terkait belasan hotel yang akan dijadikan tempat karantina pasien Covid-19 tersebut. 

"Yang sudah didata di wilayah Jakarta Pusat, tapi laporan terakhir dari Sudin Pariwisata baru 15 hotel yang siap," ujar Irwandi saat dikonfirmasi, Rabu (16/9/2020).

Irwandi menyebut, sebenarnya berkoordinasi dengan 25 hotel untuk digunakan sebagai tempat isolasi pasien OTG. Namun, baru 15 hotel yang dinyatakan siap digunakan untuk tempat isolasi pasien Covid-19.

"Sebanyak 15 yang sudah positif (jadi tempat isolasi) menurut Sudin Pariwisata, yang 10 masih belum positif," kata Irwandi. 

Nantinya, pasien Covid-19 yang kurang mampu dan melakukan isolasi di hotel akan ditanggung biayanya oleh pemerintah. "'Isolasinya akan ditanggung oleh pemda. Kami khususkan kepada mereka yang kurang mampu," ujarnya.

Irwandi menegaskan, tujuan hotel jadi ruang karantina adalah agar pasien positif Covid-19 dengan gejala ringan tidak melakukan isolasi mandiri  di rumah.

 Hal itu sesuai perintah dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berupa pelarangan melakukan isolasi mandiri di lingkungan rumah. 

Perintah itu tertuang dalam Pasal 10 Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 tahun 2020 terkait perubahan Pergub Nomor 33 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB dalam Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar